Cegah Omicron, Bupati Majalengka Minta Satgas Tingkatkan Pengawasan

Bima Bagaskara, Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 15:10 WIB
Bupati Majalengka Karna Sobahi
Foto: Bupati Majalengka Karna Sobahi (Bima Bagaskara/detikcom).
Majalengka -

Bupati Majalengka Karna Sobahi mewanti-wanti terjadinya lonjakan kasus COVID-19 varian Omicron. Terlebih lagi saat ini terdapat 1 warga Majalengka yang diketahui terpapar Omicron dan sedang dikarantina di Jakarta.

"Kita sudah menerima warning dalam surat edaran Mendagri agar kepala daerah siap siaga mengantisipasi lonjakan COVID-19 varian omicron," kata Karna seusai melakukan kunjungan kerja di salah satu rumah sakit swasta di Majalengka, Rabu (19/1/2022).

Untuk mengantisipasi hal itu, Karna meminta pengawasan masyarakat harus terus dilakukan oleh Satgas COVID-19 mulai dari tingkat kabupaten hingga desa.

"Segera dibangkitkan lagi spirit satgas baik tingkat kabupaten, kecamatan desa termasuk para mitra penanganan untuk diperkuat lagi," ucapnya.

Bahkan Karna menyebutkan saat ini kepala daerah telah mendapat perintah untuk tidak bepergian keluar daerah guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron.

"Makanya kepala daerah dilarang bepergian keluar, apalagi keluar negeri itu dilarang sekali," ujarnya.

Terpisah, Dandim 0617 Majalengka Letkol Inf Andik Siswanto menambahkan meski saat ini kasus COVID-19 di Majalengka sedang melandai, namun masyarakat diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Apa yang kita kerjakan sebelumnya tetap kita pertahankan, saat ini kondisi Majalengka melandai. Antisipasinya yaitu masyarakat prokesnya wajib diterapkan. Jadi dari hilir yang harus bersama-sama menjaga," ucap Andik.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus khususnya varian omicron, Andik menerangkan Satgas COVID-19 Majalengka akan kembali memfungsikan gedung SKB untuk dijadikan tempat karantina.NTermasuk menggenjot vaksinasi COVID-19.

"Yang disiapkan di Majalengka yaituS KB (Sanggar Kegiatan Belajar) yang akan difungsikan lagi. Termasuk vaksinasi, sekarang masih berjalan dan untuk booster minggu ini mulai diberikan," tandasnya.