Badut Bujuk Anak Sukabumi Disuntik Vaksin

Syahdan Alamsyah - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 19:23 WIB
Badut Sukabumi Bujuk Anak Divaksinasi
Badut sengaja didatangkan untuk membujuk anak-anak mau disuntik vaksin. (Foto: istimewa)
Kabupaten Sukabumi -

Berbagai upaya dilakukan Polres Sukabumi untuk menggenjot angka capaian vaksinasi anak. Caranya mendatangkan badut hingga menyebar mainan agar anak-anak usia sekolah dasar mau disuntik vaksin.

"Dukungan orang tua sudah, vaksinator siap, nah anak-anak ini kadang takut juga lihat jarum suntik. Makanya kita bujuk agar mau mendapatkan vaksin dengan berbagai cara yang membuat anak ini tertarik dan mau divaksinasi," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah kepada detikcom, Selasa (18/1/2022).

Menurut Dedy, para kapolsek berinovasi untuk mendukung gebyar vaksinasi anak. Misalnya badut dan mainan tidak ada, anggota Polsek yang akhirnya bertingkah lucu agar anak-anak tersebut tidak takut disuntik vaksin COVID-19.

"Banyak cara dilakukan para kapolsek untuk menarik minat anak guna mau divaksinasi dan tidak takut jarum suntik yaitu dengan mendatangkan badut lucu, seperti di Polsek Nyalindung dan Polsek Purabaya. Kalau memang tidak ada badut, ya akhirnya dibujuk oleh anggota kita dengan cara yang disukai anak-anak," ujar Dedy.

Dedy kerap ditemani sang istri, Hesti Dedy yang juga Ketua Bhayangkari Polres Sukabumi, setiap memonitor pelaksanaan vaksinasi anak di beberapa polsek. Sebar mainan adalah waktu yang paling ditunggu oleh anak ketika vaksinasi usai.

"Kita sebar mainan sebagai bentuk penghargaan untuk mereka, poinnya kami berupaya mengejar laju vaksinasi anak di Kabupaten Sukabumi," kata Dedy.

Dia menjelaskan upaya kepolisian untuk meningkatkan jumlah vaksinasi anak adalah berkoordinasi dengan tenaga kesehatan di masing-masing kecamatan. Selain itu, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

(sya/bbn)