Kebut Vaksinasi, Pemkot Cirebon Sasar Wilayah Sulit Dijangkau

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:47 WIB
Vaksinasi di Kota Cirebon
Vaksinasi di Kota Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Cirebon, Jawa Barat, terbilang moncer. Kemarin, capaian vaksinasi dosis pertama di Kota Cirebon mencapai 277.470 jiwa, atau 105,82 persen dari target yaitu 262.198 jiwa.

Meski capaian vaksinasi melebihi target, Pemkot Cirebon terus bergerak menggempur wilayahnya yang dianggap sulit terjangkau, salah satunya Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti. Pemkot Cirebon berkolaborasi dengan DPR RI melaksanakan vaksinasi di wilayah tersebut.

"Vaksinasi anak usia enam hingga 11 tahun sudah kick-off beberapa hari lalu. Kita langsung kebut. Dan, pada hari ini ada dari perwakilan DPR RI juga melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat," kata Azis usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di SDN Kedungkrisik dan puskesmas pembantu Kelurahan Argasunya, Selasa (18/1/2022).

Azis mengapresiasi antusiasme anak-anak dan masyarakat Argasunya yang mengikuti vaksinasi. Pihaknya mendorong pelaksanaan vaksinasi di beberapa wilayah yang masih belum optimal.

"Sosialisasi ke daerah-daerah pelosok yang belum maksimal kita dorong lagi. Kita masuk ke (kampung) Kedungkrisik dan Lebangok (Kelurahan Argasunya)," ucap Azis.

Camat Harjamukti Yuki Maulana Hidayat mendukung gerakan vaksinasi hingga menjangkau wilayah yang sulit menerima informasi. Dalam artian, kondisi masyarakat Argasunya belum begitu terbuka untuk menerima informasi tentang vaksinasi COVID-19 secara utuh.

"Bukan kita kurang sosialisasi, melainkan mereka kurang terbuka. Ya tertutup. Belum bisa menerima informasi mengenai vaksin. Jadi mereka masih kebingungan," kata Yuki.