Positif Omicron, TKI Cirebon Jalani Isolasi di Wisma Atlet

Sudirman Wamad - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:25 WIB
Poster
Ilustrasi (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Cirebon -

Dinkes Kota Cirebon mengonfirmasi salah satu warganya yang positif COVID-19 varian Omicron. Saat ini warga itu tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet, DKI Jakarta.

"Ada satu warga Kota Cirebon. Masih (isolasi) di Wisma Atlet," kata Kepala Dinkes Kota Cirebon Edy Sugiarto kepada detikcom saat meninjau vaksinasi anak di SDN Kedungkrisik, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (18/1/2022).

Dia menjelaskan warga Kota Cirebon yang terkonfirmasi positif COVID-19 merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Pakistan. "Ya terkonfirmasi saat perjalanan dari Pakistan. Kita dapat informasi pas minggu ini," ucapnya.

Edy sudah menginstruksikan petugasnya untuk mengunjungi keluarga pasien. Dinkes Cirebon memberikan pemahaman kepada keluarga pasien.

"Kita ingin agar jangan dulu ada pendatang dari luar negeri ke Cirebon. Harus pastikan agar benar-benar clear," ujar Edy.

Sebelumnya, Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon telah menyiapkan ratusan bed atau tempat tidur untuk menghadapi ancaman Omicron. Sejumlah ruangan telah disiapkan untuk mengantisipasi ancaman lonjakan kasus.

"Kapasitas ruang flu burung hanya enam bed. Kalau ruang flu burung sudah 80 persen, maka ruangan lainnya seperti teratai 1 bersiap. Di situ (teratai) ada 32 bed," kata Direktur RSD Gunung Jati Kartibi kepada awak media di RSD Gunung Jati, Senin (17/1).

(bbn/mso)