Rumah Sakit Malangbong Garut Siap Beroperasi Februari 2022

Hakim Ghani - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 15:40 WIB
Rumah Sakit Malangbong di Kabupaten Garut siap beroperasi Februari 2022
Rumah Sakit Malangbong di Kabupaten Garut siap beroperasi Februari 2022 (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Rumah Sakit Malangbong di Kabupaten Garut diharapkan bisa beroperasi pada awal Februari 2022. Saat ini, proyek yang menghabiskan dana kurang lebih Rp 8 miliar ini telah rampung dibangun.

Selasa (18/1/2022), Wakil Bupati Garut Helmi Budiman pun meninjau langsung kesiapan rumah sakit yang berada di Jalan Raya Malangbong tersebut. Ia datang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Maskut Farid.

Meski telah selesai 100 persen dari segi pembangunan, rumah sakit tersebut masih belum memiliki peralatan yang lengkap. "Ada beberapa yang harus kita lengkapi. Insya Allah kalau lancar, tanggal 1 Februari bisa peresmian," kata Helmi.

Helmi mengatakan Rumah Sakit Malangbong diharapkan bisa segera beroperasi. Sebab, masyarakat setempat sudah mengharapkannya sedari dulu."Harapannya bisa segera difungsikan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya.

"Karena kasihan masyarakat, berobat ke Garut itu butuh waktu 1-2 jam. Jauh. Begitu juga ke Bandung," ujar Helmi menambahkan.

Rumah sakit ini diketahui memiliki kapasitas 60 bed. Rumah Sakit Malangbong ini merupakan rumah sakit tipe D, namun akan dikembangkan menjadi rumah sakit tipe C.

Sementara untuk tenaga medis yang akan menjalan operasional Rumah Sakit Malangbong, akan ditarik semuanya dari Puskesmas Malangbong.

"Jadi kita sekarang tenaga kesehatan yang di Puskesmas yang di Malangbong semua dibedol desa ke sini," ungkap Helmi.

Pembangunan Rumah Sakit Malangbong sendiri diketahui menghabiskan dana Rp 8 miliar yang pelaksanaannya dibagi ke dalam dua tahap. Sementara untuk peralatan, Pemda Garut diketahui menerima bantuan dari Pemprov Jabar senilai Rp 7 miliar.

(yum/bbn)