Seberapa Besar Kans Perempuan di Pilgub Jabar? Ini Kata Pakar UPI

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 11:01 WIB
Ilustrasi Pilgub Jabar
Foto: Ilustrasi Pilgub Jabar. (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Bandung -

Kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat mulai menggeliat. Sejumlah nama digadang-gadang masuk bursa cagub Jabar termasuk dari sosok perempuan.

Pengamat politik UPI Karim Suryadi menilai sosok perempuan atau srikandi ini memiliki kans besar maju di Pilgub Jabar. Bahkan, dalam beberapa kali Pilgub Jabar, sosok Srikandi pernah muncul jadi kontestan.

"Sebenarnya RK (Ridwan Kamil) maju Pilpres atau Kembali maju dalam pilgub tidak menutup kans sosok perempuan. Seperti juga pada Pilgub beberapa tahun lalu ada calon perempuan, meski gagal," ujar Karim saat dihubungi, Selasa (18/1/2022).

Karim mengatakan Pilgub merupakan persaingan terbuka. Terlebih apabila memang Ridwan Kamil maju ke Pilpres. Akan tetapi, dia belum bisa menerka bagaimana peluang Srikandi untuk bisa memenangkan pertarungan Pilgub Jabar.

"Poinnya, pilgub akan menjadi persaingan terbuka. Kontestasi akan tambah sengit jika RK tidak jadi pilgub. Tetapi bagaimana kans perempuan, belum bisa dikalkulasi secara matematis sekarang karena dua alasan yaitu pilgub masih lama, faktor-faktor yang menentukan elektabilitas dan keputusan untuk memilih belum terpetakan dan masih cair. Bahkan siapa saja yang akan bertarung kan belum jelas," tutur Karim.

Sejumlah nama sempat tersiar digadang-gadang maju Pilgub Jabar mulai dari Atalia Kamil, Dessy Ratnasari, Rieke Diah Pitaloka hingga Airin Rachmy Diani. Karim juga punya pandangan untuk sosok Srikandi yang digadang-gadang bakal maju itu.

Untuk Rieke misalnya, sosok tersebut pernah maju mencalonkan di Pilgub Jabar beberapa tahun silam. Namun, pencalonannya gagal.

"Dia bisa comeback dan melakukan revans setelah melakukan kalkulasi jujur dan cermat atas kekuatan yang harus dia miliki dalam merebut keyakinan pemilih di Jabar," ucap Karim.

Kemudian Atalia Praratya. Karim belum meyakini bila istri dari Ridwan Kamil itu bakal maju kontestasi di Pilgub Jabar. Dia bahkan pernah mendengar RK dulu tak setuju istrinya menggantikan dia sebagai Wali Kota Bandung saat RK maju Pilgub Jabar.

Lalu nama Dessy Ratnasari, Karim mengatakan nama tersebut sudah sering didengungkan untuk maju Pilgub Jabar. Namun dia menilai, Dessy punya modal popularitas . Apalagi sebagai anggota DPR, Dessy punya suntikan modal politik.

Lalu Airin Rachmy Diani. Eks Walkot Tangerang Selatan itu dinilai perlu usaha untuk mengangkat guna maju di Pilgub Jabar. Airin sendiri selain digadang-gadang maju Pilgub Jabar, saat ini tengah diisukan untuk maju di Pilgub DKI Jakarta.

"Sebagai Walkot, nama Airin Rachmy Diani hanya terdengar di Tangsel. Gerak-geriknya pun tak terpantau di luar Tangerang. Membutuhkan banyak usaha untuk mengangkatnya," kata Karim.

(yum/bbn)