Demi Minyak Goreng Murah, Emak-emak di Sukabumi Rela Antre Berjam-jam

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 10:38 WIB
Operasi pasar murah (OPM) di Pasar Pelita Kota Sukabumi
Operasi pasar murah (OPM) di Pasar Pelita Kota Sukabumi (Foto: Siti Fatimah/detikcom )
Sukabumi -

Ibu-ibu di Kota Sukabumi rela menunggu berjam-jam di Pasar Pelita, Kota Sukabumi untuk mendapatkan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per liter. Minyak goreng tersebut dijual pada operasi pasar murah (OPM).

Pantauan detikcom di halaman Pasar Pelita, Sukabumi, beberapa warga terlihat sudah berkumpul di lokasi. Spanduk yang menjadi pertanda operasi pasar pun terpampang di depan posko dan halaman Pasar Pelita. Hingga pukul 09.35 WIB, operasi pasar itu belum juga dibuka.

Tini (54) salah satu warga Kelurahan Nanggeleng, Kota Sukabumi mengatakan, dia sudah datang sejak pukul 07.00 WIB. Menurutnya, kesempatan tersebut tidak bisa dilewatkan saat harga minyak goreng curah di atas Rp 19.000.

"Iya nunggu dari pagi, tapi katanya mulai jam 12.00 WIB, masih lama. Tapi udah kapalang (tanggung), nunggu sampai dapat," kata Tini, Senin (17/1/2022).

Dia mengatakan, operasi pasar ini sangat membantu kebutuhannya sehari-hari. Informasi tersebut ia dapat dari media sosial anaknya.

"Murah, kebantu lah untuk kebutuhan masak sehari-hari. Tahu dari anak dapet dari hp katanya, da saya mah nggak pakai (hp). Di pasar tadi yang kantongan Rp 19.000 satu kilo. Kalo di sini mah katanya 1 liter Rp 14.000. Nunggu aja dari tadi belum ada orang satu pun," ujarnya.

Demi minyak goreng murah, ibu-ibu rela menunggu berjam-jam di Pasar Pelita SukabumiDemi minyak goreng murah, ibu-ibu rela menunggu berjam-jam di Pasar Pelita Sukabumi Foto: Siti Fatimah/detikcom

Saat ditanya apakah akan memborong minyak goreng murah itu, Tini berujar hanya akan membeli dua liter. "Iya nunggu aja. Rencananya mau 1-2 liter. Nggak beli banyak-banyak, nggak punya uang," ujarnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Ayi Jamiat menjelaskan, OPM yang digelar hari ini diprediksi akan dibuka pada siang menuju sore hari sekitar pukul 14.00-15.00 WIB. Pasalnya, minyak goreng itu didatangkan langsung dari produsen di Jakarta.

Setidaknya ada 25.000 liter yang akan disebarkan. Dia mengatakan, OPM di Pasar Pelita akan dilakukan selama dua hari sehingga warga diimbau untuk tidak panik atau membeli secara berlebihan.

"Hari ini 25 ribu liter tapi kelihatannya hari ini sore kayanya baru datang. Saya juga dapat laporan sudah banyak masyarakat yang datang ke lokasi. Itu teh info terakhir masih di Jakarta," kata Ayi dalam sambungan telepon.

Sekedar informasi, operasi pasar minyak goreng ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya Pemda Sukabumi menggelar operasi pasar di empat titik selama dua hari yaitu di Warudoyong, Cikole, Baros dan Citamiang dengan jumlah 7.200 liter.

Simak juga 'Saat Ridwan Kamil Dicurhati Warga Soal Harga Minyak Goreng':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)