Terdampak Gempa, Siswa Madrasah Pandeglang Belajar di Tenda Darurat

Rifat Alhamidi - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 10:03 WIB
Siswa Pandeglang Belajar di Tenda Darurat
Siswa belajar di tenda darurat. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)
Pandeglang -

Sejumlah siswa MTs Mathla'ul Anwar Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten, terpaksa belajar di tenda darurat. Ruang kelas mereka rusak parah akibat diguncang gempa magnitudo (M) 6,6 pada pekan lalu.

Belasan siswa tersebut harus belajar di tenda BNPB berukuran 6x12 meter. Tenda disiapkan di halaman sekolah plus bangku dan meja untuk kegiatan belajar mengajar (KBM).

Kepala MTs Mathla'ul Anwar Sumur Acang Sutisna mengatakan tenda darurat telah dipasang sejak Minggu (16/1). Pemerintah daerah menyarankan sebagian KBM dilakukan di tenda darurat lantaran sebagian ruang kelas mengalami kerusakan parah akibat gempa.

"Dua kelas rusak, jadi itu yang harus dikosongkan karena memang kondisinya mengkhawatirkan. Untuk KBM, sementara dilakukan di tenda darurat," kata Acang saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Sumur, Pandeglang, Senin (17/1/2022).

KBM di tenda darurat saat ini baru diikuti satu kelas yang berisi 30 siswa. Rencananya, pihak madrasah menambah kapasitas jumlah rombongan belajar (rombel) di tenda darurat itu karena musala yang tadinya digunakan untuk ruangan belajar juga rusak diguncang gempa.

"Hari ini baru satu rombel, kelas VII B, besok ditambah lagi jadi dua rombel dari kelas VII C. Awalnya musala dipakai ruangan belajar, tapi diminta tidak digunakan lagi. Akhirnya siswa harus dipindah ke tenda belajarnya," ujar Acang.

KBM di tenda darurat itu akan terus berlangsung hingga ruang kelas di madrasahnya selesai diperbaiki. Siswa kelas VII tersebut bakal tetap belajar di tenda darurat hingga ruangannya selesai perbaikan.

"Harapan kami segera diperbaiki, sesuai dengan ruangan yang rusak karena kami sangat membutuhkan," ucap Acang.

Simak Video 'Banten Gempa Lagi, Kali Ini M 5,4':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/bbn)