BPBD Salurkan 212 Bantuan Logistik ke Korban Gempa di Lebak

Fathul Rizqoh - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 19:40 WIB
Bantuan untuk korban bencana gempa di Kabupaten Lebak.
Foto: Bantuan untuk korban bencana gempa di Kabupaten Lebak (Istimewa).
Lebak -

BPBD Kabupaten Lebak menyalurkan sebanyak 212 bantuan logistik untuk korban terdampak gempa Banten. Bantuan itu disebar ke 6 Kecamatan di daerah Lebak Selatan.

Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama mengatakan enam kecamatan itu, yakni Kecamatan Cijaku dan Kecamatan Cigemblong. Kemudian, Kecamatan Malimping, Kecamatan Wanasalam, Kecamatan Bayah, dan Kecamatan Cihara.

"Iya kita membagikan 212 paket sembako. Total ada 274 rumah terdampak, tapi sebagian sudah diberikan. Yang saat ini untuk daerah Selatan Lebak," Katanya kepada detikcom melalui sambungan telepon, Minggu (16/1/2022).

Paket sembako ini berisi beras, mie instan, minyak goreng dan lainnya. Febby mengungkapkan bantuan ini akan diberikan terus hingga 27 Januari mendatang sebagai langkah penanganan bencana.

Selain itu, bagi warga yang rumahnya mengalami rusak berat akan diberikan terpal. Terpal ini untuk menutup sementara bangunan yang rusak.

Lebih lanjut, Febby memastikan kondisi warga saat ini sudah kondusif. BPBD Lebak pun tidak mendirikan posko pengungsian karena warga mengungsi ke sanak keluarga.

"Definisi mengungsi, yang rumahnya rusak berat pasti mengungsi. Kalau definisi mengungsi itu posko pengungsian, kita tidak mendirikan posko pengungsian. Karena tidak ada satu daerah yang rusak berat dan memerlukan posko pengungsian atau dapur darurat," tandasnya.

Untuk diketahui, BPBD Lebak telah memperbaharui data kejadian paska gempa Banten M 6,6. Saat ini, ada 19 Kecamatan terdampak dari 28 Kecamatan di Kabupaten Lebak.

Sebanyak 274 rumah terdampak dengan rincian 16 rumah rusak berat, 32 rumah sedang, dan 226 rusak ringan. Selain rumah, ada juga fasilitas lainnya yang terdampak seperti 8 sekolah, 4 tempat ibadah, dan 1 kantor desa.

(mso/mso)