Longsor Pangalengan, Bupati Bandung Siapkan Rencana Relokasi

Yuga Hassani - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 17:16 WIB
Rumah di Pangalengan rusak tertimpa material longsor.
Foto: Rumah di Pangalengan rusak tertimpa material longsor (Yuga Hassani/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Longsor menerjang kawasan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Satu rumah rusak dan satu orang tewas akibat kejadian tersebut.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyatakan di kawasan tersebut sebetulnya sudah dilarang adanya pembangunan. "Sebenarnya kan ini kita sudah melarang, tapi karena petani ini tetap tidak mengindahkan instruksi dan imbauan dari pemerintah setempat, sehingga kejadian seperti ini," kata Dadang saat melakukan peninjauan lokasi longsor, Minggu (16/1/2022).

"Lagi pula setelah kita cek, di sini sekitar ada 20 rumah memang terindikasi rawan bencana, terutama longsor," ucapnya menambahkan.

Pihaknya langsung mengintruksikan Kepala Desa Sukaluyu untuk segera merelokasi warga di daerah tersebut. "Sehingga saya minta ke Pak Kades, untuk koordinasi dengan administrasi (Pemda), kalau bisa relokasi. Sehingga tidak ada kejadian susulan," katanya.

Dadang juga meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung untuk bisa membantu Kepala Desa Sukaluyu dalam masalah relokasi warga.

"Untuk itu kita berharap BPBD untuk melakukan langkah-langkah, bagaimana koordinasi dengan administrasi (Pemda) dengan Pak Kades, sehingga masyarakat di sini bisa segera direlokasi," ucapnya.

Jika terjadi penolakan dari warga, Dadang menegaskan akan tetap melakukan relokasi. Langkah tersebut, menurutnya demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Harus (relokasi). Karena ini kita lihat dari konturnya ini di 45 derajat, tidak ada tanaman keras lagi. Sehingga saya akan instruksikan kepada dinas pertanian untuk mengirimkan tanaman-tanaman keras, sehingga bisa ditanam di sekitar sini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan satu rumah tertimpa longsor di Kampung Giri Awas RT 03 RW 14, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Sabtu (15/1/2022).

Camat Pangalengan Eef Syarif Hidayatulloh, membenarkan kejadian longsor di daerah tersebut. Bahkan, kata dia, tim dari Kecamatan Pangalengan langsung turun ke lokasi pada saat kejadian.

(mso/bbn)