Warga Padati Alun-alun dan Lapang Merdeka Sukabumi Minggu Pagi

Siti Fatimah - detikNews
Minggu, 16 Jan 2022 09:04 WIB
Suasana Lapangan Merdeka Sukabumi.
Foto: Suasana Lapangan Merdeka Sukabumi (Siti Fatmah/detikcom).
Sukabumi -

Kawasan Alun-alun dan Lapang Merdeka, Kota Sukabumi pagi hari ini ramai dikunjungi warga untuk berolahraga di masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Sebagian membawa sepeda dan sepatu roda, sebagian besar lainnya berolahraga jalan santai.

Pantauan di Lapang Merdeka, Kota Sukabumi, Minggu (16/1/2022) pagi, warga banyak yang melakukan jogging di lintasan lari yang disediakan (jogging track). Lapangan yang baru dibuka dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada Sabtu (8/1) ini nampaknya mendapat respons positif dari masyarakat.

Hal itu terlihat dari banyaknya warga yang beraktivitas untuk menggunakan fasilitas publik ini. Selain jogging, ada juga masyarakat yang melakukan senam bersama.

Dari pantauan, petugas baru tiba pada pukul 07.24 WIB. Petugas woro-woro melalui pengeras suara mengenai protokol kesehatan dan dilarang berjualan di sekitar kawasan Lapang Merdeka.

"Protokol kesehatan tolong bapak ibu, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dilarang berjualan minuman atau makanan dan jangan menginjak rumput," kata seorang petugas.

Selain itu, lintasan sepeda dan sepatu roda yang berwarna biru akhirya digunakan oleh masyarakat untuk berjalan atau berlari karena banyaknya warga yang datang. Jaga jarak pun tak terkendali, sedang yang lainnya ada yang menggunakan masker dan ada juga yang menurunkan masker ke dagu.

Salah seorang warga, Dinda (18) mengatakan, kedatangannya ke Lapang Merdeka dan sekitaran Alun-alun karena penasaran dengan fasilitas baru itu. Dia datang dengan setelan olahraga bersama temannya.

"Penasaran kan sering lihat di medsos, kemarin-kemarin cuma lewat aja. Jadi sekarang sengaja dateng ke sini," ujarnya kepada detikcom.

Hal serupa juga yang dilakukan Hendra (58) yang ingin berjalan santai di lapang ini bersama cucunya. Namun dia menyayangkan, banyaknya warga yang datang.

"Iya tadinya mau olahraga, tapi kok berkerumun ya. Jadi saya nggak lama-lama di sini, khawatir juga kena (COVID-19). Pulang aja lah," tuturnya.

Sekedar informasi, pemerintah Kota Sukabumi resmi membuka kawasan terintegrasi Lapang Merdeka dan Alun-alun, Sabtu (8/1/2021).

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan pihaknya akan terus menggembirakan masyarakat, karena kebahagiaan pemerintah adalah ketika mampu membuat masyarakatnya merasa gembira.

"Alhamdulillah tentunya kami, saya, pak wakil ,pak sekda dan seluruh jajaran pemerintah daerah, merasa senang karena kebahagiaan pemerintah itu adalah ketika mampu menghadirkan kegembjraan bagi masyarakatnya, mudah-mudahan ini menjadi awal baik di tahun 2022 ini sekaligus Kota Sukabumi mulai bergerak lagi dalam sisi ekonominya," kata Fahmi kepada awak media di kawasan Pedestrian Ahmad Yani, Sabtu (8/1/2022).

(mso/bbn)