BNPB Siapkan Dana Stimulan untuk Korban Gempa di Banten

ADVERTISEMENT

BNPB Siapkan Dana Stimulan untuk Korban Gempa di Banten

Rifat Alhamidi - detikNews
Sabtu, 15 Jan 2022 19:42 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom)
Pandeglang -

BNPB menyiapkan dana stimulan untuk membantu warga yang terdampak gempa magnitudo (M) 6,6 di Banten. Berdasarkan perhitungannya dibutuhkan anggaran Rp 23 miliar.

Angka tersebut diperoleh setelah BNPB memastikan akan memberikan bantuan pembangunan rumah warga yang rusak akibat gempa. Rinciannya yaitu Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta untuk yang rusak sedang dan Rp 10 juta untuk yang rusak ringan.

"Ribuan rumah ini sudah diberikan bantuan awal. Nanti dari hasil pendataan akan terlihat berapa dana yang dibutuhkan, ada namanya dana stimulan," kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Pandeglang, Sabtu (15/1/2022).

Berdasarkan data BPBD Pandeglang, ada 1.100 rumah warga yang rusak akibat gempa. Rinciannya, 617 rumah rusak ringan, 269 rusak sedang dan 214 rusak berat.

Anggaran pembangunan rumah itu jika ditotal membutuhkan dana Rp 23 miliar. Anggaran ini pun masih dalam perkiraan dan bisa saja meningkat jika mendapatkan kalkulasi yang jelas.

"Artinya dengan bantuan dari pemerintah, sedikit menenangkan korban, ada juga dana tak terduga. Ini juga dapat membantu masyarakat," ucap Suharyanto.

Suharyanto meninjau lokasi terdampak gempa M 6,6 di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Dia datang untuk memastikan penanganan bencana itu terlaksana tanpa ada kendala apapun.

Kunjungan Suharyanto dipusatkan di Puskesmas Sumur, Pandeglang. Ia didampingi Kepala BPBD Banten Nana Suryana, Bupati Pandeglang Irna Narulita beserta sejumlah forkopimda Pandeglang meninjau bangunan puskesmas yang mengalami kerusakan akibat gempa.

(bbn/bbn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT