Pelayan Publik di Kota Cirebon Dapat Vaksinasi Booster Pekan Depan

Ismet Selamet, Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 13 Jan 2022 15:50 WIB
Ilustrasi Vaksinasi
Foto: Ilustrasi vaksinasi (Dok. Shutterstock).
Cirebon -

Pemkot Cirebon, Jawa Barat, berencana melaksanakan vaksinasi booster bagi pekerja layanan publik pada pekan depan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto mengatakan tahap awal vaksin booster menyasar pegawai yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, seperti PNS, Polri, TNI, jurnalis dan tenaga kesehatan (nakes).

"Pemberian vaksin booster dilaksanakan 17 Januari. Klaster layanan publik ini berpotensi tinggi karena berinteraksi dengan orang banyak," kata Edy kepada awak media, Kamis (13/1/2022).

Lebih lanjut, Edy mengatakan pelayan publik perlu mendapatkan proteksi. "Jenis vaksin sendiri yang diberikan yaitu bisa Moderna, Pfizer, Astrazeneca, atau Sinovac," katanya.

Edy menjamin ketersediaan vaksin aman pada pekan depan. Sebab, lanjut dia, pemerintah pusat sudah menyediakan kebutuhan vaksin booster untuk didistribusikan di setiap daerah.

"Untuk jenis Sinovac di Kota Cirebon baru tersedia 50.000 dosis," kata Edy.

Edy menambahkan saat ini pihaknya masih fokus menuntaskan target vaksin tahap pertama untuk anak usai enam hingga 11 tahun. Rencananya, vaksinasi tahap pertama untuk anak ini selesai pada 21 Januari.

"Vaksinasi kita secara umum kita sudah melebihi target. Kami berharap sudah terbentuk kekebalan kelompok. Sejauh ini tidak ada penambahan kasus di Kota Cirebon. Rumah sakit juga tidak ada pasienCOVID-19. Kami terus proteksi masyarakat," kataEdy.