Gaskeun! Ada Minyak Goreng Murah di Kecamatan Cileunyi - Soreang Bandung

Yuga Hassani - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 14:56 WIB
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Pasar Sehat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (12/1/2022).
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Pasar Sehat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (12/1/2022). (Foto: Yuga Hassani/detikcom)
Bandung -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar Operasi Pasar Murah (OPM) di Pasar Sehat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (12/1/2022).

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa kegiatan OPM tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Bandung untuk menstabilkan harga minyak goreng di pasaran.

"Dalam rangka menstabilkan dan membantu masyarakat yang saat ini harga minyak goreng ini melambung. dan mudah-mudahan dengan adanya gerakan OPM ini bisa dilaksanakan, dimanfaatkan, dan diterima oleh masyarakat kabupaten Bandung," ujar Dadang.

Dengan adanya OPM tersebut, pihaknya terus turut berkontribusi dalam penurunan minyak goreng di masyarakat.

"Kita doakan, dan kita semua berupaya pemerintah kabupaten Bandung akan hadir bagaimana menstabilkan kembali harga minyak goreng ini di negara kita, terutama di Kabupaten Bandung.

Dadang menjelaskan pada pekan ini kegiatan OPM telah dilakukan sebanyak dua kali. Kata dia, pertama dilakukan di Kecamatan Cileunyi dan saat ini di Kecamatan Soreang.

"Nanti kita lakukan di beberapa lokasi lagi, nanti bulan Ramadhan juga kita akan lakukan OPM. Setiap tahun akan kita lakukan, terutama bagaimana untuk bisa menstabilkan harga minyak goreng di negara kita yang mengalami kenaikan secara drastis," jelasnya.

Pihaknya menjelaskan bahwa OPM akan dilakukan secara bergiliran jika harga masih melambung tinggi.

"Ini kan disesuaikan karena lokus yah, karena kita ada beberapa sasaran, Cileunyi dan Soreang, kemudian tahun kemarin itu di Bojongsoang, dan ada beberapa kecamatan kita bergilir lah. Kalau saya lihat tidak selamanya di situ-situ saja, kita akan terus berkeliling," paparnya.

Pantauan detikcom, OPM yang digelar di Soreang tersebut menjual minyak goreng seharga Rp 14 ribu per liternya. Dengan harga tersebut membuat masyarakat rela untuk antri membeli minyak goreng.

Salah satu warga Soreang, Ai Kulsum (20) mengaku bahagia bisa mendapatkan harga minyak goreng dengan harga yang murah. "Alhamdulillah dapet minyak goreng murah ini. Meski harus antri lama, tapi tetap tertib kok," jelasnya.

Pihaknya menjelaskan jika membeli di pasar harganya bisa mencapai Rp 38 ribu sampai Rp 39 ribu per dua liter.

(yum/bbn)