Baliho RK For Presiden 2024 Mejeng di Jabar, Pajaknya Gimana?

Muhammad Iqbal, Ismet Slamet - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 13:52 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di sela peresmian Jembatan Leuwigajah, Kota Cimahi, Rabu (12/1/2022)
Dukungan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil maju di Pemilihan Presiden 2024 mulai ramai. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Cimahi -

Dukungan kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil maju di Pemilihan Presiden 2024 mulai ramai. Salah satunya mulai muncul baliho yang menonjolkan wajahnya dengan tulisan Ridwan Kamil for Presiden 2024 di Cianjur.

Baliho tersebut terpasang di papan reklame di kawasan Tugu Tauco di Jalan HOS Cokroaminoto. Dalam baliho tersebut tampak foto Ridwan Kamil yang mengenakan rompi berwarna hijau dan kacamata hitam. Tertera pula sebuah logo dengan tulisan RK Brother.

Di bagian tengah baliho, terlihat tulisan pula 'Emang sih roda dua, Tapi hati kita tak pernah mendua untuk Indonesia".

Belum cukup di situ, tulisan dengan tulisan tebal berwarna merah pun memperlihatkan tulisan 'RK For Presiden 2024'.

Mengetahui hal tersebut, ia tidak berkomentar banyak terkait ada temuan tersebut. Kang Emil, sapaan akrabnya, hanya tersenyum tipis saja.

Ia berujar tidak tahu siapa yang memasang baliho tersebut. Namun, ia mengaku bersyukur apabila ada masyarakat yang memberikan dukungan tersebut.

"Duka teu apal ti saha, tapi mun enya aya nu ngadukung Alhamdulillaah (Tidak tahu siapa yang pasang, tapi kalau ada yang mendukung Alhamdulillah). Intinya saya gak hafal siapa, tapi kalau ada yang mendoakan saya ucapkan Alhamdulillah," kata Ridwan Kamil saat ditemui di Cimahi usai peresmian Jembatan Duplikasi Leuwigajah, Cimahi, Rabu (12/1/2022).

Kemudian, ia pun menuturkan belum ada langkah masuk partai politik sebagai kendaraannya menjadi RI 1. Ia berencana akan masuk partai politik pada tahun ini.

"(Masuk partai) Belum, nanti tahun ini insyaallah," ungkapnya.

Terakhir, sebuah hasil survei dari Indikator Politik Indonesia (IPI) menunjukkan nama Emil berada di posisi kedua dari 12 nama bursa cawapres dengan raihan elektabilitas 15,3 persen. Ia hanya berada di bawah Menparekraf Sandiaga Uno dengan torehan 25 persen.

"Pertama, jujur saja saya kaget berada di urutan kedua di bawah Bang Sandi (Sandiaga Uno) yang pernah jadi cawapres waktu Pilpres kemarin. Tapi, tentu saya apresiasi karena ini kan datang dari pilihan masyarakat, meskipun itu hanya persepsi hari itu saja (saat survei dilakukan) kan," ucap Kang Emil dalam keterangan yang diterima, Selasa (11/1).

Baliho RK for Presiden 2024 di Cianjur Belum Bayar Pajak

Baliho Ridwan Kamil for Presiden 2024 di papan reklame di kawasan Tugu Tauco Jalan HOS Cokroaminoto Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ternyata belum bayar pajak.

Kepala Subbidang Pendaftaran dan Pendataan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Cianjur Riyadi Saputra, mengatakan pihaknya baru mengetahui ada baliho terpasang pada hari Selasa (11/1/2022).

Setelah dilakukan pengecekan, lanjut Riyadi, diketahui jika baliho tersebut dipasang tanpa melapor dan belum membayar pajak.

"Belum laporan akan ada pemasangan baliho tersebut. Dari data di kantor juga belum bayar pajak," kata dia, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya meski Ridwan Kamil merupakan Gubernur Jawa Barat, baliho yang terpasang bukan merupakan program pemerintah provinsi Jawa Barat.

Baliho tersebut masuk dalam kategori branding personal, sehingga berkewajiban membayar pajak.

"Masuk dalam kategori yang dikenakan pajak. Kecuali program pemerintah yang dipasang. Itukan branding sosok," jelasnya.

Dia menegaskan jika pemasang tidak segera membayar pajak, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan baliho tersebut.

"Untuk kewenangan penertiban ada di Satpol PP, baik itu ditutup sementara balihonya atau dicabut. Kita akan koordinasi segera jika pemasang tidak kunjung membayar pajak," pungkasnya.

(yum/bbn)