Pejabat BPK Jabar Gadungan Tipu Warga

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 23:02 WIB
Poster
Ilustrasi kasus penipuan. (Ilustrator: Edi Wahyono)

Demi memuluskan akal bulusnya, Fikri selalu mengenakan baju Korpri yang berlogo BPK, tanda pengenal BPK, dan aksesori lain. Pelaku juga terkadang menyewa mobil agar semakin meyakinkan.

"Jadi lihat pelaku untuk menipu sudah disusun dengan baik dan terencana. Akhirnya dia melakukan aksinya secara door to door ke setiap instansi, baik provinsi maupun kabupaten," ucap Imron.

Korban penipuan tak hanya warga Bandung Barat saja. Ada korban lainnya asal Jakarta yang merugi Rp 200 juta. Tiga warga Bandung Barat lainnya mengalami kerugian Rp 86 juta, Rp 25 juta dan Rp 4,5 juta.

"Jadi modus tersangka sudah jelas, mencari korban sebanyak mungkin dengan mengatasnamakan dia itu pegawai BPK, buktinya ada empat korban lain yang ditipu," tuturnya.

"Kalau melihat rangkaian perbuatannya, pelaku patut diduga residivis karena melakukan aksinya berulang-ulang dengan modus dan kejahatan yang sama," kata Imron menambahkan.

Atas perbuatannya, pejabat BPK Jabar gadungan tersebut dijerat Pasal 378 KUHP atau Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.


(bbn/bbn)