ADVERTISEMENT

10 Rumah Rusak Tertimpa Pohon-Disapu Angin Kencang di Tasikmalaya

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 16:18 WIB
Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Tasikmalaya, Selasa (11/1/2022) petang mengakibatkan sejumlah rumah warga di Kelurahan Singkup Kecamatan Purbaratu mengalami kerusakan.
Pohon tumbang menimpa rumah warga di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu, Kota Tasikmalaya. (Foto: dok.BPBD Kota Tasikmalaya)
Tasikmalaya -

Hujan deras disertai angin melanda Kota Tasikmalaya. Kejadian tersebut mengakibatkan 10 rumah milik warga rusak tertimpa pohon tumbang dan disapu angin kencang.

"Sementara baru terdata ada 10 rumah warga yang mengalami kerusakan berat maupun ringan. Mayoritas rusak karena tertimpa pohon tumbang. Tapi sebagian ada yang rusak karena tersapu angin kencang," kata Kepala BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar, Selasa (11/1/2022).

Lokasi rumah rusak itu berada di Kelurahan Singkup, Kecamatan Purbaratu. Informasi yang dihimpun, hujan deras dan angin kencang terjadi pada pukul 14.00 WIB. Setelah itu datang tiupan angin kencang.

Dampak paling parah terjadi di Dusun Babakan Nangerang, Pagergunung dan Sukabakti. Selain banyak pepohonan tumbang menimpa rumah dan menghalangi jalan, jaringan listrik putus sehingga sambungan listrik ke wilayah itu terganggu.

"Kami masih melakukan pendataan dan mengevakuasi pohon tumbang," kata Yanto Ibnu petugas BPBD Kota Tasikmalaya.

Yanto memastikan tidak ada korban jiwa dan luka dalam peristiwa itu. "Korban jiwa maupun luka berat sejauh ini tidak ada. Hanya bangunan saja yang rusak," kata Yanto.

Kepala BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar mengimbau agar masyarakat selalu waspada karena saat ini hingga beberapa hari ke depan potensi bencana alam yang dipicu hujan dan angin kencang masih bisa terjadi. "Masyarakat agar lebih waspada, jika di sekitar rumahnya ada pohon yang rapuh atau rawan tumbang sebaiknya dipangkas atau ditebang," kata Ucu.

(bbn/bbn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT