Catat! Alun-alun Cianjur Boleh Diakses Warga yang Sudah Vaksinasi

ADVERTISEMENT

Catat! Alun-alun Cianjur Boleh Diakses Warga yang Sudah Vaksinasi

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 14:16 WIB
Alun-alun Cianjur
Alun-alunn Cianjur kembali dibuka untuk masyarakat umum. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Alun-alun Cianjur resmi dibuka kembali usai setahun lebih ditutup akibat pandemi COVID-19. Pemkab Cianjur mensyaratkan pengunjung yang masuk kawasan Alun-alun harus sudah disuntik vaksin lengkap atau vaksinasi kedua.

Pantauan detikcom, warga kembali mendatangi Alun-alun Cianjur yang dulu diresmikan langsung Presiden Joko Widodo. Warga yang selama ini hanya bisa melihat pesona Alun-alun dari luar kompleks pun bergegas antre untuk masuk. Sayangnya tidak semua warga bisa masuk, sebab Pemkab menerapkan aturan ketat terkait protokol kesehatan, terutama vaksinasi yang harus lengkap.

"Awalnya syarat masuk hanya vaksinasi pertama. Tapi kita ubah harus vaksinasi tuntas atau sudah vaksinasi kedua. Jadi yang baru satu kali saja belum boleh masuk," ujar Bupati Cianjur Herman Suherman, Selasa (11/1/2022).

Menurutnya, Pemkab juga menyiapkan gerai vaksinasi di pintu masuk Alun-alun, sehingga yang baru vaksinasi pertama dan berdasarkan jadwal sudah bisa vaksinasi kedua, bisa segera divaksinasi. "Kita siapkan gerai vaksinnya, jadi kalau yang baru vaksin pertama bisa ke gerai vaksin untuk dosis kedua sehingga bisa masuk ke Alun-alun," tutur Herman.

Dia menjelaskan hal itu dilakukan agar meskipun fasilitas umum tersebut dibuka, penyebaran COVID-19 bisa ditekan dengan vaksinasi lengkap. "Kita juga mengejar capaian vaksinasi dosis kedua yang baru 30 persen. Jadi melalui pembukaan ini kita bisa genjot capaian vaksinasi dosis kedua," ujar Herman.

Dia menambahkan jumlah pengunjung pun dibatasi hanya 50 persen dari kuota. "Total kapasitas itu 2.000 orang. Maksimal 50 persen pengunjung. Kita pakai aplikasi PeduliLindungi, jadi kalau sudah lebih batas akan terlihat dan petugas meminta untuk masuk bergantian," ucap Herman.

Salah satu warga, Astri Putri (28), mengaku sudah lama menunggu Alun-alun Cianjur kembali dibuka. Sebab landmark Cianjur tersebut menjadi wisata murah meriah untuk membawa anak di akhir pekan.

"Banyak spot foto yang bagus. Selama pandemi kita kan tidak boleh kemana-mana, jadi ya pilihannya Alun-alun. Tapi kan kemarin ditutup, alhamdulillah sekarang sudah dibuka lagi. Jadi bisa bawa keluarga liburan murah, dekat, dan aman," tutur Astri.

(bbn/mso)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT