Tanggul Jebol, Tiga Toko di Terminal Ciamis Sempat Kebanjiran

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 11:32 WIB
Banjir di Ciamis.
Foto: Banjir di Ciamis (Tangkapan layar video viral).
Ciamis -

Tiga toko di Kawasan Terminal Ciamis, Jawa Barat, sempat kebanjiran setelah tanggul sebuah saluran air jebol saat hujan deras, Senin (10/1/2022) sore. Akibatnya, seluruh barang yang ada di toko terbawa hanyut air. Akitivitas di Terminal Ciamis pun sempat terhambat.

Kejadian ini direkam oleh warga Terminal Ciamis. Videonya viral di aplikasi perpesanan. Terlihat air deras mengalir dari dalam toko hingga meluber ke area terminal. Sejumlah barang-barang dari dalam toko terbawa hanyut dan berserakan. Sehingga arus kendaraan di Terminal Ciamis sempat terganggu.

Nadi Saputra alias Haji Sosro, seorang pemilik toko mengatakan saat hujan deras volume air sangat besar. Sehingga membuat tembok tanggul penahan air jebol. Sehingga air masuk ke dalam toko.

"Jadi kemarin saat hujan deras, air selokan cukup besar. Ada sampah juga sehingga aliran tertutup dan menjebol tembok penahan. Di belakang toko kan ada pintu, jadi air selokan masuk," ujar Haji Sosro saat ditemui detikcom, Selasa (11/2/2022).

Menurutnya, ada tiga toko yang kebanjiran. Toko miliknya, toko travel dan warung. Saluran air tidak cukup menampung derasnya volume air karena ukurannya kecil. Akibat kejadian ini para pemilik toko mengalami kerugian materi.

"Untuk kerugian belum dihitung. Ini banyak barang yang hanyut. Ada etalase juga barang elektronik terendam air," ungkapnya.

Saat ini pemilik toko membersihkan dan memperbaiki toko sendiri. Namun pihaknya berharap ada penanganan dari pihak berwenang untuk antisipasi agar kejadian ini tidak terjadi lagi.

"Jadi sementara ini kami perbaiki sendiri. Semoga ke depan ada perbaikan secara menyeluruh dari pihak berwenang supaya tembok tidak jebol lagi," pungkasnya.

(mso/bbn)