Ridwan Kamil Sebut Tol Cisumdawu Beroperasi Juni 2022

Nur Azis - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 16:00 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Nur Azis/detikcom).
Sumedang -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap dengan dibukanya akses Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang ditargetkan selesai tahun 2022 dapat mendorong tingkat kunjungan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

"Kalau jalan tol ini sudah tembus ke Bandara Kertajati harusnya tidak ada alasan lagi (soal jarak) Kertajatinya sepi, karena jarak tempuh dari Bandung ke Kertajati bisa 40-an menit, ketimbang 2-3 jam seperti di hari ini," ungkap pria yang akrab disapa Kang Emil saat mengunjungi kantor Satuan Kerja Tol (Satker Tol) Cisumdawu di Jatinangor Sumedang, Senin (10/1/2022).

Setelah mendengar paparan dari Satker Tol Cisumdawu, Kang Emil menuturkan pembangunan Tol Cisumdawu Seksi I secara keseluruhan sudah mencapai di atas 90 persen. Bahkan, kata dia, sebagian akses Tol Cisumdawu akan dibuka untuk umum di akhir Januari ini.

"Kemudian ada bencana sedikit ada longsoran-longsoran yang harus diteliti ulang desain-desainnya itu sedang ditangani," kata Kang Emil.

Dia juga menyinggung soal masih ada kendala terkait soal pembebasan lahan. Namun, menurutnya kendala itu sifatnya perluasan wilayah bukan di jalur utama akses Tol Cisumdawu.

"Kalau dari laporan kontraktor dan semuanya, merasa bisa menyelesaikan dengan sempurnanya itu dioperasikan di bulan Juni 2022," ucap Kang Emil.

Kang Emil berharap faktor keamanan dan keselamatan menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebagai jaminan bagi keselamatan pengguna akses Tol Cisumdawu sebelum terkoneksi hingga ke BIJB Kertajati.

"Kita berharap yang penting keamanan terjamin sehingga tahun ini bisa tembus ke Kertajati," ucapnya.

Dia pun tidak lupa menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Presiden Jokowi bersama jajaran menterinya sehingga dapat mendorong semua percepatan ini.

"Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Jawa Barat, inilah tahun optimis untuk kebangkitan ekonomi di tahun 2022 salah satunya ada dua peristiwa besar satu Tol Cisumdawu, dua kereta api cepat Jakarta-Bandung juga beres tahun ini," pungkasnya.

Kang Emil yang datang dengan ditemani isterinya, Atalia Praratya kemudian langsung melanjutkan peninjauan ke kawasan jalur Tol Cisumdawu Seksi I. Kang Emil bersama isterinya secara terpisah menunggangi motor besar saat melakukan peninjauan tersebut.

(mso/bbn)