Ikuti Arahan Kapolri, Polisi-Pemkab Kebut Vaksinasi Anak di KBB

Whisnu Pradana - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 14:27 WIB
Pemkab Bandung Barat dan Polres Cimahi mengebut pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun agar bisa 100 persen dalam dua pekan ke depan.
Pemkab Bandung Barat dan Polres Cimahi mengebut pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun agar bisa 100 persen dalam dua pekan ke depan. (Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung Barat -

Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (Pemda KBB) ditargetkan untuk bisa mencapai 100 persen cakupan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dalam waktu kurang dari 14 hari atau dua pekan sesuai arahan dari Kapolri.

Untuk merealisasikan target 100 persen tersebut pihaknya dibantu jajaran Polres Cimahi melakukan jemput bola ke SD yang tersebar di Bandung Barat agar siswanya segera divaksinasi COVID-19 dosis I.

Setiap hari ribuan siswa SD kelas 1 sampai kelas 5 dijemput menggunakan truk dan bus ke Mapolres Cimahi. Mereka didampingi guru dan orangtua menunggu giliran divaksinasi.

Tak semua anak berani menghadapi jarum suntik, sebagian anak menangis sampai berteriak histeris sebelum divaksinasi. Alhasil mereka terpaksa ditenangkan vaksinator hingga guru dan sejumlah personel kepolisian agar mau divaksinasi.

"Sesuai perintah Kapolri, kami harus mendapatkan 100 persen sasaran vaksinasi anak (6-11 tahun). Maka untuk teknisnya kami dibantu pihak kepolisian," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Eisenhower Sitanggang kepada wartawan di Mapolres Cimahi, Senin (10/1/2022).

Sasaran vaksinasi anak di Bandung Barat sebanyak 173.176 anak. Hingga saat ini persentase anak yang sudah divaksinasi baru mencapai 57 persen.

"Jadi dari 173.176 sasaran itu, sekarang baru 99 ribuan anak. Untuk itu mulai pekan ini kita kebut vaksinasinya dan semoga tercapai," terang Eisenhower.

Sejauh ini pelaksanaan vaksinasi anak terbilang lancar, meskipun ada sejumlah kendala yang dialami petugas. "Kemarin kendalanya itu bentrok dengan libur anak sekolah, jadi agak kurang maksimal. Nah sekarang dengan bantuan pihak kepolisian dan sudah mulai PTM juga, lebih mudah dilaksanakannya," kata Eisenhower.

Sementara itu Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan gebyar vaksinasi COVID-19 di Mapolres Cimahi diperpanjang selama dua pekan ke depan menindaklanjuti arahan dari Kapolri untuk menyelesaikan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

"Insya Allah dalam dua minggu ke depan kita laksanakan vaksinasi terutama untuk anak usia 6-11 tahun secara maksimal. Walaupun sudah dilaksanakan dalam minggu berjalan ini tapi waktunya akan diperpanjang," ujar Imron.

Agar anak mudah mendapatkan layanan vaksinasi pihaknya memberi layanan antar-jemput siswa yang hendak divaksin dari sekolah masing-masing. Ditambah pemberian hadiah berupa susu dan coklat untuk anak-anak.

"Termasuk kita sediakan hiburan badut agar anak-anak tidak tegang dan tetap senang saat divaksinasi," pungkas Imron.

(yum/bbn)