Pemkab Cianjur Ajukan Perbaikan 13 Jembatan Putus ke Pusat

Ismet Slamet - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 18:32 WIB
Jembatan penghubung antar desa di Kecamatan Cidaun ambruk akibat liapan air sungai beberapa waktu lalu
Jembatan penghubung antar desa di Kecamatan Cidaun ambruk akibat liapan air sungai beberapa waktu lalu (Foto: Istimewa)
Cianjur -

BPBD Kabupaten Cianjur, mencatat sepanjang tahun 2021 hingga awal 2022, belasan jembatan putus akibat bencana alam. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan mengajukan pembangunan jembatan baru ke pemerintah pusat.

Sekretaris BPBD Cianjur, Rudi Labis Wibowo, mengatakan, sejak Januari 2021 hingga Januari 2022 ini tercatat ada 13 jembatan yang putus. Mayoritas jembatan yang putus yakni jembatan gantung penghubung antar desa.

"Sebagian besar jembatan gantung, tapi ada juga jembatan permanen yang berstatus milik desa yang juga ambruk akibat bencana alam," ujar dia, Jumat (7/1/2022).

Menurutnya banjir bandang dan luapan air sungai akibat hujan deras menjadi faktor utama jembatan putus di Cianjur.

"Kalaupun ada yang rusak akibat longsor di tebing penahan tanahnya, itu karena tanahnya tergerus air sungai yang meluap pasca diguyur hujan deras," kata dia.

Rudi menuturkan untuk penanganan darurat, Pemkab Cianjur bersama masyarakat di sekitaran lokasi jembatan yang putus membangun jembatan darurat.

"Minimalnya agar masyarakat bisa beraktivitas, karena rata-rata jembatan yang putus merupakan akses vital bagi masyarakat. Baik untuk aktivitas ekonomi ataupun pendidikan," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan untuk pembangunan jembatan yang putus, Pemkab akan mengusulkan ke pemerintah pusat melalui DPR RI.

Pasalnya anggaran daerah sudah ditetapkan dan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur lain.

"Kita ajukan ke pusat, karena ini disebabkan bencana, kita usulkan ke BPNB untuk penanganan akibat kebencanaan. Kalau APBD kan sudah ketuk palu, sudah ditetapkan. Kalaupun diajukan kemungkinan di perubahan anggaran, di akhir tahun. Makanya agar penanganan cepat, kita usulkan pembangunannya ke pusat," pungkasnya.

(mud/mud)