Tinjau Stasiun Garut, Ridwan Kamil: Sudah Siap 100 Persen

Hakim Ghani - detikNews
Kamis, 06 Jan 2022 14:02 WIB
Garut -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil optimistis ekonomi di Kabupaten Garut bisa berkembang pesat seiring dengan reaktivasi jalur kereta api (KA) Cibatu-Garut. Ia pun memastikan operasionalisasi jalur tersebut sudah siap 100 persen.

Ridwan Kamil tiba di Stasiun Garut pada Kamis (6/1/2022) siang sekira pukul 11.30 WIB, sebelumnya ia menyusuri jalur kereta api dari Bandung didampingi Dirut PT KAI Didiek Hartantyo.

Di Stasiun Garut, pria yang akrab disapa Kang Emil itu disambut Bupati Rudy Gunawan, Kapolres AKBP Wirdhanto, Dandim Letkol CZI Deni Iskandar dan Kajari Neva Sari Susanti.

"Sudah 100 persen saya boleh klaim. Tadi saya cek semuanya, tinggal administrasi aja," ujar Kang Emil.

Ia mengatakan, sepanjang jalur kereta api Bandung hingga Garut memiliki pemandangan yang sangat indah. Beberapa di antara titik yang dikunjunginya, bisa dibuat menjadi stasiun transit.

"Saya pastikan kalau ini sudah dibuka, ekonomi Garut akan meningkat pesat, karena pemandangannya indah sekali. Sempat tadi kita berhenti di tengah jalan, di sebuah area, di daerah Leles-Kadungora itu indah sekali, lembah, gunung cocok dijadikan stasiun kecil tambahan juga," ucapnya.

Ia berharap ekonomi Garut pesat berkembang usai KA Cibatu-Garut tersambung dan beroperasi. Pemandangan indah dan pelayanan modern bisa jadi daya tarik tersendiri.

"Insya Allah berita baik 2022 seiring dengan COVID-19 juga sedang surut, titip prokes, supaya ekonomi bangkit, dimulai kebangkitannya itu dengan kita menggunakan moda transportasi kereta api ya," ujar Kang Emil menambahkan.

(yum/bbn)