Dituding Kilat Tangani Kasus Habib Bahar, Polda Jabar: Sesuai Prosedur

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 15:34 WIB
Habib Bahar di Mapolda Jabar, Kota Bandung.
Habib Bahar bin Smith (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Polisi menegaskan penanganan perkara dugaan penyebaran berita bohong oleh habib Bahar bin Smith dilakukan secara profesional. Penanganan kasus itu dilakukan melalui serangkaian tahapan.

Hal ini merespons pernyataan kuasa hukum Bahar yang menuding penanganan perkara tersebut dilakukan secepat kilat. Polisi menegaskan penanganan perkara dilakukan melalui proses.

"Jadi memang seluruh proses penanganan kasus pidana ini kan melalui tahapan yang sesuai dengan prosedur," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Rabu (5/1/2022).

Untuk kasus Bahar sendiri, kata Ibrahim, prosedur penanganan yang dilakukan sudah sesuai dengan tahapan. Dia menyebut proses penanganan kasus Bahar sejak dilaporkan di Polda Metro Jaya hingga ditetapkan di Polda Jabar berjalan normal.

"Untuk penanganan kasus saudara BS ini seluruh penanganan prosedur sudah dilaksanakan sesuai dengan aturan yang ada, jadi bisa dibilang semua normal," kata dia.

Pengacara Habib Bahar Bin Smith buka suara terkait penetapan kliennya sebagai tersangka dugaan penyebaran berita bohong. Pengacara Bahar, Ichwan Tuankotta heran karena penetapan tersangka dianggapnya sangat cepat.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un matinya keadilan, betapa cepat proses hukum yang dijalani HBS (Habib Bahar Bin Smith) dari SPDP cuma berjarak dua hari lanjut pemanggilan dan hari ini langsung tersangka dan ditangkap," kata Ichwan kepada wartawan, Selasa (4/1/20222).

(dir/bbn)