Libur Nataru, Kunjungan Wisatawan ke Garut Masih Memble

Hakim Ghani - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 14:05 WIB
Suasana sepi di TWA Papandayan di Libur Nataru 2022.
Foto: Suasana sepi di TWA Papandayan di Libur Nataru 2022 (Hakim Ghani/detikcom).
Garut -

Tingkat kunjungan wisatawan ke Garut di momen libur Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini cenderung sepi. Wisatawan yang datang mayoritas dari sekitaran Garut.

Di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, kunjungan wisatawan cukup meningkat. Namun, peningkatan tidak signifikan.

"Alhamdulillah ada peningkatan, tapi tidak signifikan," kata Dedi Sitepu, pengelola TWA Papandayan kepada wartawan, Minggu (2/1/2022).

Dedi menjelaskan dari kapasitas sekitar 4,3 ribu orang yang bisa ditampung di objek wisata tersebut, hanya terisi sekira 700-an wisatawan.

"Masih didominasi oleh wisatawan dari sekitaran Garut. Bandung, Tasik dan sekitarnya," katanya.

Protokol kesehatan diberlakukan ketat di tempat ini. Mulai dari pengecekan suhu tubuh hingga screening kartu vaksinasi via aplikasi PeduliLindungi.

Tak hanya di Gunung Papandayan, wisatawan yang masuk ke kawasan perkotaan juga terpantau tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

"Ada peningkatan, namun masih terbilang normal. Penegakan prokes di jalur menuju dan di objek wisata ketat dilakukan," kata Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Beragam tempat wisata di Garut lainnya pun dikabarkan masih sepi. Di kawasan objek wisata Darajat, pengunjung yang datang hanya sekitar 20 persen dari kapasitas.

"Termonitor sistem, di Darajat Pass, ada 2 ribu pengunjung dari kapasitas 10 ribu," ujar Kapolsek Pasirwangi AKP Abusono.

(mso/mso)