Polisi Periksa Pengunggah Video Ceramah Habib Bahar di Bandung

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 12:18 WIB
Polda Jabar Tangani Kasus Bahar Smith
Foto: Polda Jabar tangani kasus ujaran kebencian Habib Bahar (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Polisi turut memeriksa pemilik akun YouTube yang mengunggah video ceramah habib Bahar bin Smith. Video yang diduga berisi ujaran kebencian tersebut diunggah ke media sosial (medsos).

"Sesuai dengan perkembangan hasil penyidikan, kami akan memeriksa saudara TR," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Minggu (2/1/2022).

Belum diketahui isi dari video tersebut yang sudah disita oleh polisi. Namun diduga video yang diunggah pemilik akun berinisial TR itu berupa ceramah Bahar di sebuah acara di Bandung.

Arief menambahkan kasus ini akan terus dilakukan penyelidikan secara komprehensif. Menurutnya, proses penyidikan akan dilakukan secara transparan.

"Adapun rencana tindak lanjutnya, penyidik akan terus bekerja secara marathon, tentunya mengedepankan prinsip profesional, prosedural, transparan, dan akuntabel," katanya.

Seperti diketahui, Polda Jabar menaikkan status penyelidikan ke penyidikan atas kasus ujaran kebencian yang dilakukan Bahar bin Smith. Polisi menyebut kasus ini berkaitan dengan penyampaian Bahar dalam sebuah acara di Bandung.

Polda Jabar sudah melayangkan surat panggilan terhadap Bahar pekan lalu. Surat tersebut sudah diterima. Rencananya Bahar akan diperiksa terkait kasus tersebut, Senin (3/1/2022) besok.

(dir/mso)