Wisatawan Serbu Palabuhanratu, Polisi Waspadai Arus Balik Kendaraan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Sabtu, 01 Jan 2022 11:59 WIB
Polisi Pantau Kepadatan di Palabuhanratu Sukabumi
Polisi memantau kamera CCTV yang menampilkan suasana lokasi objek wisata Palabuhanratu Sukabumi. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi -

Wisatawan di lokasi wisata Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, terlihat mulai terjadi peningkatan di hari pertama tahun baru 2022. Wisatawan mulai memadati kantong-kantong parkir mulai objek wisata Citepus, Cimaja, hingga Karang Hawu Cisolok.

Arus lalu lintas di ruas jalan menuju objek wisata tersebut terpantau masih lancar. Pantauan melalui kamera CCTV, sejumlah titik lokasi parkir memang terlihat ramai pengunjung. Itu menjadi salah satu penyebab lancarnya arus lalu lintas hingga menjelang siang ini.

"Pantauan sepanjang pantai, pasti Sabtu dan Minggu ini meningkat, karena kita bisa lihat di tempat parkir hotel-hotel, kapasitas parkir sudah mulai penuh," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah, Sabtu (1/1/2022).

Dedy mewaspadai kepadatan kendaraan yang mungkin terjadi pada sore hari ini dan besok. Mengingat kemungkinan wisatawan yang akan menikmati akhir pekan di Kabupaten Sukabumi.

"Bisa jadi ini puncak akhir datang wisatwan hari ini dan besok Minggu. Semoga aman, prokes kita terapkan, masyarakat juga mengerti kalau kita menerapkan prokes ketat nanti. Strategi khusus kami tetap akan evaluasi nanti siang, kalau jalan macet kita melakukan pengalihan arus," tutur Dedy.

Kondisi itu, menurut dia, berbeda dengan pantauan malam tadi yang cenderung sepi karena faktor cuaca. Hujan deras membuat sejumlah wisatawan memilih untuk menghindari bepergian.

"Malam tadi dikarenakan cuaca hujan jadi pengunjung yang melaksanakan tahun baru di jalan atau sekitaran pantai berkurang atau sedikit. Namun, tepat tengah malam tadi atau selesai pergantian tahun sekitar jam 00.00 WIB, kita membubarkan masyarakat yang di Pantai Karang Hawu agar pulang ke rumah masing masing," ujarnya.

"Kami hari ini dan Minggu besok melakukan sweeping vaksin. Bagi masyarakat yang belum vaksinasi, kita vaksin. Kita juga bagi-bagi masker, prokes ketat untuk masyarakat yang menikmati liburan di pantai," kata Dedy menambahkan.

(sya/bbn)