Usut Ujaran Kebencian Bahar Smith, Polda Jabar Libatkan Ahli Bahasa-Forensik

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 14:16 WIB
Bahar bin Smith saat ini kembali diperbincangkan. Hal ini dikarenakan beredarnya sebuah video ceramah Habib Bahar bin Smith. Seperti apa bentuknya?
Habib Bahar bin Smith (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Bandung -

Polisi telah memeriksa 13 saksi berkaitan dengan kasus dugaan ujaran kebencian yang dilakukan oleh habib Bahar bin Smith. Selain saksi, polisi juga memeriksa 21 orang ahli.

"Adapun langkah yang dilakukan penyidik yang pertama tentunya melakukan pemeriksaan saksi pelapor dan saksi-saksi lainnya sebanyak 13 orang," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (31/12/2021).

Arief menuturkan tim penyidik gabungan dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus dan Direktorat Reserse Kriminal Umum serta Mabes Polri juga turut meminta keterangan ahli. Ada 21 ahli yang sudah dimintai keterangan berkaitan kasus Bahar Smith ini.

"Kami juga melakukan pemeriksaan ahli secara maraton dengan tim sebanyak 21 orang ahli yang sudah kami periksa terdiri dari ahli agama, bahasa, pidana, ITE, sosiologi dan ahli kedokteran forensik," tuturnya.

"Kesimpulan penyidik tim penyidik gabungan Ditreskrimum dan Ditreskrimsus Polda Jabar dan dibekup Bareskrim Mabes Polri memeriksa 34 saksi dan 4 item barang bukti," kata dia menambahkan.

Kasus ujaran kebencian Bahar Smith ini berawal dari ceramah di sebuah acara di Margaasih, Kabupaten Bandung pada 11 Desember 2021 lalu. Video ceramah Bahar ini kemudian diunggah ke YouTube dan disebarluaskan.

Bahar sendiri diduga terlibat dalam kasus ujaran kebencian. Surat perintah dimulainya penyidikan (SPPD) sendiri sudah dikirimkan ke Bahar Smith.

Simak Video 'Ujaran Kebencian Bahar Smith Disampaikan saat Ceramah di Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/bbn)