Polisi Geledah Kediaman Pengunggah Video Ujaran Kebencian Bahar Smith

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 13:43 WIB
Polisi pastikan ujaran kebencian Bahar Smith dilakukan saat ceramah di Bandung
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Polisi turut menggeledah kediaman dari pengunggah video ceramah berisi ujaran kebencian yang dilakukan oleh habib Bahar bin Smith. Video Bahar sendiri diketahui diunggah dalam akun YouTube berinisial TR.

"Kemudian melakukan penyitaan dan penggeledahan rumah," ucap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar Kombes Arief Rachman di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (31/12/2021).

Dalam penggeledahan itu, polisi juga turut menyita sejumlah barang bukti. Adapun barang bukti yang disita berkaitan dengan unggahan ceramah Bahar ke medsos.

"Berupa satu unit handphone, kemudian satu laptop kemudian menyita juga satu akun chanel media youtube atas nama TR kemudian satu buah email itu yang kami sita sebagai barang bukti," tuturnya.

Kasus ujaran kebencian Bahar Smith ini berawal dari ceramah di sebuah acara di Margaasih, Kabupaten Bandung pada 11 Desember 2021 lalu. Video ceramah Bahar ini kemudian diunggah ke YouTube dan disebarluaskan.

Bahar sendiri diduga terlibat dalam kasus ujaran kebencian. Surat perintah dimulainya penyidikan (SPPD) sendiri sudah dikirimkan ke Bahar.

Simak Video 'Ujaran Kebencian Bahar Smith Disampaikan saat Ceramah di Bandung':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mud)