Petugas Cek Bukti Vaksinasi Pengendara di Perbatasan Kuningan-Cirebon

ADVERTISEMENT

Petugas Cek Bukti Vaksinasi Pengendara di Perbatasan Kuningan-Cirebon

Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 14:01 WIB
Petugas gabungan melakukan pengecekan bukti vaksinasi pengendaran di Kuningan
Petugas gabungan melakukan pengecekan bukti vaksinasi pengendaran di Kuningan (Foto: Bima Bagaskara)
Kuningan -

Puluhan personel gabungan melakukan pemeriksaan persyaratan perjalanan berupa bukti vaksin dan hasil tes antigen bagi pengendara yang akan memasuki wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pemeriksaan tersebut dilakukan di pos pengamanan yang berada di perbatasan Kuningan-Cirebon tepatnya di Tugu Ikan Sampora pada Rabu (30/12/2021).

Dilihat detikcom satu persatu kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil pribadi hingga angkutan umum dihentikan petugas dari Polres Kuningan, Kodim 0615 dan Dishub.

Setelah dihentikan, petugas kemudian memeriksa kelengkapan persyaratan perjalanan seperti bukti vaksin hingga hasil tes antigen kepada pengendara dan penumpang angkutan umum.

Bagi mereka yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksin, petugas telah menyediakan gerai vaksinasi di pos pengamanan tersebut. Hasilnya, kurang lebih ada 100 orang yang diminta untuk melakukan vaksinasi.

Kapolres Kuningan AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya mengatakan respon masyarakat dengan adanya pemeriksaan bukti vaksin ini sangat baik dimana mereka yang belum divaksin, dengan sendirinya mau untuk disuntik vaksin COVID-19.

"Tapi alhamdulilah antusias warga mereka mendukung percepatan seperti yang sekarang kita lakukan, masyarakat yang datang dari luar kota yang belum divaksin mereka dengan senang hati mau divaksin disini," kata Doffie di lokasi.

Ia menegaskan dalam kegiatan tersebut petugas tidak menghalangi kendaraan yang akan masuk ke wilayah Kuningan. Namun menurutnya, petugas hanya memastikan semua orang yang masuk ke Kuningan dalam kondisi sehat.

"Kalau ada yang belum divaksin kami minta untuk divaksin, sampai hari ini semua merespon dengan positif. Namun kalau mereka menolak, maka kami lakukan swab antigen untuk meyakinkan bahwa yang bersangkutan dalam keadaan sehat," ujarnya.

Masih kata Doffie, hingga hari ini diketahui capaian vaksinasi di Kuningan telah mencapai angka 70%. Hal tersebut kata dia sudah sesuai dengan target yang ditentukan.

Meski begitu, Doffie memastikan pihaknya akan terus melakukan percepatan vaksinasi hingga semua masyarakat Kuningan seluruhnya telah divaksin. "Capaian vaksinasi di Kuningan data tadi malam 69,86 persen. Jadi kita yakin pagi ini sudah 70 persen," ucap dia.

Untuk target selanjutnya, Ia mengungkapkan vaksinasi akan mulai diberikan bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Rencananya vaksinasi bagi anak-anak itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Dengan target 70 persen kita akan terus melakukan vaksinasi sampai 100 persen. Maka karena sudah 70 persen, kita bisa mulai melakukan vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun. Kami sudah kordinasi dengan Dinkes dan Kodim, dalam waktu dekat akan kita lakukan vaksinasi terhadap anak usia 6-12 tahun,' tutup Doffie.

Lihat juga video 'BPOM Sampaikan Kabar Terkini Vaksin Merah Putih Buat Vaksin Booster':

[Gambas:Video 20detik]



(mud/mud)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT