Puncak Arus Liburan Menuju Tempat Wisata Garut Diprediksi Terjadi Besok

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 29 Des 2021 07:53 WIB
Objek wisata Cipanas di Garut ramai didatangi wisatawan. Guna cegah virus Corona, wisatawan yang datang diminta tunjukkan bukti vaksin dan surat bebas COVID-19.
Wisata di Garut (Foto: Hakim Ghani/Detikcom)
Garut - Belum terjadi peningkatan volume kendaraan wisatawan masuk yang signifikan ke wilayah Garut. Petugas memprediksi puncak arus mudik libur Natal dan tahun baru (Nataru) akan berlangsung Kamis (29/12/2021) besok.

Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, hingga saat ini arus lalu lintas yang menuju kawasan Garut belum dipadati wisatawan.

"Sampai sekarang belum, kita prediksi hari Kamis. Prediksi dari Dinas Perhubungan itu nanti hari Kamis mulai terjadinya lonjakan liburan tahun baru," ucap Wirdhanto kepada wartawan, Rabu (29/12/2021).

Wirdhanto menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan 13 titik check point wisatawan di sejumlah titik yang ada di gerbang masuk, tempat wisata hingga di pusat kota. Check point didirikan guna mengontrol kepadatan.

"Kita ada titik check point menuju kawasan wisata dan kota. Karena kan pasti tujuannya ke tempat wisata," ungkap Wirdhanto.

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan, pihak Polres Garut sudah menyiapkan beragam strategi. Mulai dari ganjil-genap, hingga pembukaan akses jalan baru agar volume kendaraan terkuras.

Salah satunya jalan baru, Ibrahim Adjie, yang membentang dari kawasan Cipanas hingga Jalan Raya Samarang, Kecamatan Tarogong Kaler.

"Iya bisa (penggunaan jalan baru). Itu alternatif," katanya. (mud/mud)