Herry Wirawan Disebut Catut Nama Ortu-Kakaknya untuk Bikin Yayasan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 14:52 WIB
PN Bandung
Foto: PN Bandung (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Fakta-fakta baru soal pemerkosa 13 santriwati oleh Herry Wirawan perlahan terungkap. Selain fakta baru soal sepupu istrinya yang jadi korban, kini muncul soal cerita pendirian yayasan pesantren milik Herry. Seperti apa?

Kasipenkum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat Dodi Gazali Emil menjelaskan berdasarkan keterangan keluarga korban yang dihadirkan di persidangan menyebut tak mengetahui Herry memiliki yayasan. Ada orang tua, kaka dan satu orang ipar yang diperiksa jaksa dalam sidang.

"Orang tuanya satu, dua orang kakak dan satu orang ipar menceritakan posisi tentang kepengurusan yayasan. Dari mereka nggak tahu tentang pengurusan yayasan tersebut," ujar Dodi usai sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (28/12/2021).

Menurut Dodi, dari keterangan saksi yang dihadirkan itu semuanya mengaku bila nama-nama keluarga hanya disimpan di bagian pengurusan saja. Namun nyatanya, mereka tak tahu menahu soal yayasan tersebut.

"Iya, mengenai kepengurusan ini (hanya disimpan nama)," kata dia.

"Cuma keluarganya di masukkan dalam pengurusan yayasan tersebut. Orang tuanya selaku pembina dan kakaknya selaku pengurus dan ada iparnya juga," ucapnya menambahkan.

Seperti diketahui, Herry disidangkan atas kasus pemerkosaan terhadap 13 santriwati di Bandung. Bahkan beberapa orang santriwati hamil dan melahirkan anak.

(dir/mso)