Dokumen Susi Jadi Bungkus Gorengan, Camat Pangandaran: Bukan Arsip Kecamatan

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 27 Des 2021 13:32 WIB
Viral! Dokumen Pribadi Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan
Foto: Dokumen Susi Pudjiastuti jadi bungkus gorengan (Twitter @howtodresvvell).
Pangandaran -

Camat Pangandaran Yadi Setiadi memastikan pihaknya tidak terkait soal temuan dokumen mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang jadi bungkus gorengan.

Yadi mengatakan dokumen tersebut memang dikeluarkan oleh pihak Kecamatan Pangandaran. Namun, kata dia, pihak Kecamatan tidak menyimpan arsipnya.

"Kami sudah mengumpulkan staf terkait masalah ini. Jadi kami tidak mengarsipkan dokumen itu," kata Yadi, Senin (27/12/2021).

Dia menjelaskan berdasarkan keterangan dari petugas operator pembuatan KTP, untuk permohonan penerbitan Surat Keterangan (Suket) pembuatan KTP, si pemohon hanya melampirkan fotocopy kartu keluarga dan register dari kecamatan.

"Jadi kami hanya menyimpan arsip berupa foto copy kartu keluarga pemohon saja, untuk Suket itu diserahkan dan dipegang oleh si pemohon. Jadi kami tidak menyimpan arsip suket seperti yang ramai di media sosial," kata Yadi.

Yadi juga mengatakan berdasarkan laporan dari stafnya, kasus ini sebenarnya bukan kali ini terjadi. Beredarnya foto dokumen Susi Pudjiastuti jadi bungkus gorengan sempat muncul di tahun 2019.

"Kami sudah mengumpulkan semua staf. Kata petugas operator kami, berita ini pernah muncul pada tahun 2019, tepatnya bulan Agustus. Hanya saja sekarang lebih heboh," kata Yadi.

Diberitakan sebelumnya, netizen menemukan dokumen pribadi Susi Pudjiastuti yang dijadikan bungkus gorengan. Dokumen yang berisi data pribadi dan seharusnya bersifat rahasia ini justru dijadikan pembungkus gorengan.

Lewat akun Twitter @howtodresvvell terlihat unggahan berupa foto dokumen milik Susi Pudjiastuti yang dikeluarkan oleh Kecamatan Pangandaran. Lembar dokumen ini berisi keterangan bahwa Susi Pudjiastuti tengah mengurus permohonan pembuatan KTP.

Dalam lembar dokumen tahun 2014 ini tertera nama lengkap Susi Pudjiastuti, alamat, serta nomor KK miliknya. Tertera juga nama Camat lengkap dengan alamat kelurahan tempat mengurus dokumen ini.

Lewat akun Twitter @howtodresvvell terlihat unggahan berupa foto dokumen milik Susi Pudjiastuti yang dikeluarkan oleh Kecamatan Pangandaran. Lembar dokumen ini berisi keterangan bahwa Susi Pudjiastuti tengah mengurus permohonan pembuatan KTP.

Dalam lembar dokumen ini tertera nama lengkap Susi Pudjiastuti, alamat, serta nomor KK miliknya. Tertera juga nama ketua camat lengkap dengan alamat kelurahan tempat mengurus dokumen ini.

Foto yang diunggah pada (24/12) ini langsung memancing ribuan komentar netizen. Banyak yang menyayangkan pihak pemerintah karena data pribadi masyarakat bisa tersebar bebas.

Simak juga Video: Lembar Alquran Dijadikan Bungkus Petasan, Polisi Turun Tangan

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)