RK Akan Perjuangkan Prof Mochtar Kusumaatmadja Jadi Pahlawan Nasional

Wisma Putra - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 10:13 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Nama Prof Mochtar Kusumaatmadja, diusulkan sebagai pahlawan nasional. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung penuh pengusualan tersebut.

Dukungan tersebut bergema di dunia maya, ribuan orang sudah menandatangani petisi secara daring.

"Sudah ada 7.000 petisi daring dan 70 surat dukungan masuk ke kami. Ini menandakan bahwa gelar pahlawan bagi Prof. Mochtar harus kita perjuangkan," kata Ridwan Kamil dikutip dalam laman resmi Universitas Padjadjaran, Kamis (23/12/2021).

Pria yang akrab disapa Kang Emil menyatakan Prof Mochtar merupakan salah satu anak bangsa yang prestasi dan inspirasinya melewati batas wilayah negara. Selain itu, Prof Mochtar merupakan sosok yang melanjutkan konsep Wawasan Nusantara yang juga digelorakan oleh putra Jabar, yaitu Ir H Djuanda.

"Peran aktif Prof Mochtar Kusumaatmadja dalam menyampaikan konsep wawasan nusantara ke tingkat internasional akhirnya diakui secara global serta menjadi teori dan dipraktikkan menjadi norma hukum internasional," ungkapnya.

Kang Emil telah menginstruksikan berbagai pihak sejak awal untuk segera memproses pengajuan mendiang Prof Mochtar menjadi pahlawan nasional. Pasalnya penganugerahan gelar pahlawan nasional diumumkan setiap setahun kali.

"Kita perjuangkan, mudah-mudahan Pemerintah Pusat melalui Presiden menganugerahi gelar pahlawan bagi Prof Mochtar di 17 Agustus 2022," kata Kang Emil.

Selain itu, lanjut dia, nama Prof Muochtar juga akan diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Kota Bandung. Rencananya jalan layang Pasteur-Surapati (Pasupati) akan diajukan menjadi nama Jalan Prof Mochtar.

"Spirit Pak Mochtar itu adalah menjembatani. Pada saat orang berpikir laut itu memisahkan pulau, Pak Mochtar berpikir sebaliknya. Laut adalah jembatan pulau-pulau di Nusantara," ujar Kang Emil.

Rektor Unpad Rina Indiastuti mendukung pengusulan gelar pahlawan dan pemberian nama jalan tersebut. Unpad rutin mengadakan seminar yang berkaitan dengan kiprah Prof Mochtar Kusumaatmadja sebagai negarawan, diplomat dan akademisi.

Menurutnya, dari setiap seminar banyak referensi dan testimoni yang menguatkan bahwa Prof Mochtar layak diusulkan sebagai pahlawan.

"Kami merasa gembira karena banyak testimoni yang muncul dari acara seminar di Unpad yang semakin membulatkan kesimpulan kami bahwa Prof.Mochtar sangat layak menjadi pahlawan nasional dari Jawa Barat," ujar Rina.

(wip/mso)