Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Serang Belum Bisa Digelar, Ini Penyebabnya

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 14:15 WIB
Ratusan pelajar SMP N 1 Blora antusias mengikuti vaksinasi di sekolahnya. Mereka pun berharap agar bisa segera kembali menjalani pembelajaran tatap muka.
Foto: Ilustrasi vaksinasi anak (Febrian Chandra/detikcom).
Serang - Pemerintah Kota Serang belum bisa menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun. Pasalnya target vaksinasi untuk para lansia sebesar 60 persen belum tercapai.

Sampai saat ini vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Kota Serang baru mencapai 46 persen. Pemkot Serang akan terus menggenjot vaksinasi kepada para lansia hingga akhir Desember 2021 ini.

"Vaksinasi anak-anak belum bisa dilaksanakan karena target vaksin anak adalah lansianya harus di atas 60 persen. Mudah-mudahan di akhir Desember lansia sudah 60 persen ke atas sehingga anak-anak awal Januari sudah mulai divaksin," kata Wali Kota Serang Syafrudin kepada wartawan, Jumat (17/12/2021).

Dia mengungkapkan target sasaran vaksinasi untuk lansia sebanyak 31.592 orang. Namun, kata dia, saat ini baru mencapai 46 persen untuk penyuntikan dosis pertama. Angka lebih rendah bahkan untuk vaksinasi kedua yang baru mencapai cakupan 26,77 persen.

Secara keseluruhan, Syafrudin mengatakan sasaran vaksinasi di wilayahnya adalah 525.585 orang. Dosis pertama sudah 94 persen dan kedua 67 persen.

"Mudah-mudahan Desember akhir sudah 100 persen dan dosis kedua sudah ada peningkatan," paparnya.

Di tempat sama, Kadinkes Serang Ahmad Hasanuddin berdalih bahwa muncul kendala karena vaksin untuk usia di atas 60 tahun ini yang harus langsung datang ke rumah. Menurutnya butuh keterlibatan semua pihak agar lansia mau diberi dosis vaksin COVID-19.

"Lansia tidak bepergian dan enggan makanya kita jemput bola ke rumah lansia. Mohon bantuan sasaran terutama pada RW dan RT diimbau diinformasikan supaya jemput bola," ujarnya.

Selain itu, kebanyakan mereka memiliki penyakit bawaan. Belum lagi saat mau divaksin harus ditunda karena tekanan darah yang tinggi.

Untuk target vaksin anak, Dinkes juga memperkirakan mulai awal tahun 2022. Dari data mereka, ada 77.231 sasaran anak usia 6-11 tahun yang bisa divaksinasi.

"Kita genjot vaksinasi lansia, nantinya di Januari kalau tercapai kita bisa lakukan vaksinasi anak," pungkasnya.

(bri/mso)