Maafkan Pencuri Mobilnya, Ortu Anthony Ginting Cabut Laporan Polisi

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 10:42 WIB
Mobil ortu Anthony Sinisuka Ginting ditemukan.
Foto: Penyerahan mobil dari pihak kepolisian kepada Ortu Anthony Ginting (Whisnu Pradana/detikcom).
Cimahi -

Orang tua Anthony Sinisuka Ginting, Edison Ginting memutuskan untuk mencabut laporan polisi terkait pencurian mobil yang dialaminya. Pasalnya mobil yang hilang dicuri tersebut telah ditemukan.

Mobil jenis Hyundai Getz dengan nomor polisi D 1713 SGR milik Ortu Anthony Ginting itu ditemukan di sebuah perkebunan teh di daerah Cirumput, Cianjur. Saat ditemukan mobil berkelir silver itu teronggok dengan bahan bakar yang kosong.

Edison mengaku telah mencabut laporan polisi terkait peristiwa pencurian mobil tersebut lantaran mobilnya sudah ditemukan. Terlebih ia sendiri sudah bertemu dan berdamai dengan pelaku pencurian tersebut.

"Dengan ditemukannya mobil ini saya bersikeras untuk mencabut laporan kehilangan," ungkap Edison, Kamis (16/12/2021).

Menurut Edison pelaku pencuri tersebut memiliki kebutuhan yang sangat mendesak. Kondisi itu membuat pelaku nekat melakukan pencurian mobil bersejarah miliknya beberapa hari lalu.

"Karena saya berpikir ini maling orang kecil karena punya keinginan yang sangat mendesak pada pelakunya sehingga dia melakukan (pencurian) itu," kata Edison.

Ia berharap pencabutan laporan yang dilakukannya bisa membuat pelaku bertobat dan tidak melakukan kejahatan serupa pada orang lain. "Semoga ada pertobatan pada pencurinya karena saya sudah mencabut laporannya," ujar Edison.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro perkara tersebut sudah diselesaikan secara kekeluargaan atau perdamaian antara kedua belah pihak sesuai Peraturan Kepolisian (Perpol) nomor 8 tahun 2021 tentang Restorative Justice atau keadilan restorasi.

"Untuk perkara ini berdasarkan keinginan dan inisiatif keluarga korban, perkara diselesaikan dengan perdamaian berdasarkan restorative justice sehingga perkara ini diberhentikan. Karena ada kesepakatan antara kedua belah pihak dengan pertimbangan keluarga pelapor," kata Yohannes.

Pihak kepolisian juga telah menyerahkan lagi kendaraan tersebut pada orang tua Anthony Ginting. Penyerahan kunci kendaraan dilaksanakan di Mapolres Cimahi pada Rabu malam.

Simak juga 'Anthony Ginting Sukses Bawa Pulang Perunggu!':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)