Polisi Tangkap Pengamen Berpisau yang Resahkan Pengguna Angkot di Bogor

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 20:41 WIB
Pengamen bogor ditangkap polisi.
Foto: Pengamen bogor ditangkap polisi (M.Sholihin/detikcom).
Bogor -

Beredar video terkait aksi pengamen di dalam angkutan perkotaan (angkot) Bogor yang sengaja mengeluarkan senjata tajam saat mengamen. Video ini viral di media sosial Twitter dan ditulis langsung oleh salah satu penumpang angkot yang mengalami kejadian tersebut.

"Aku mau share pengalaman enggak mengenakan sekaligus menakutkan yang tujuannya supaya kita semua bisa lebih hati-hati baik di jalan/kendaraan umum," tulis akun twitter mait**a memulai threadnya seperti yang dilihat detikcom, Rabu (8/12/2021).

Dalam cuitannya, akun mait**a menyebut sempat merekam aksi pengamen di dalam angkot 03 jurusan Branangsiang-Bubulak. Saat itu, pengamen pria yang beraksi sendirian itu sengaja mengeluarkan pisau dan meletakannya di lantai angkot agar terlihat oleh semua penumpang.

"Dilihat dari sorot matanya agak aneh. Matanya merah, bau bangeeeet alkohol, badannya juga agak sempoyongan. Sudah bisa dipastikan orang itu mabok berat. Karena dari cara bicaranya pun gak kaya orang normal," tulis akun mait**a.

"Sambil dia taro sajamya dibawah, dia liatin semua penumpang. Aku langsung tremor karna serem banget wakkkk. Penumpang lain juga pasti kaget sama apa yang dia keluarin dari saku belakangnya," tulisnya lagi.

Melihat kelakuan pengamen, membuat semua penumpang angkot terdiam. Penulis kisah ini juga mengaku ketakutan dan terpaksa memberi uang meski bukan untuk mengapresiasi suara si pengamen.

Dalam video yang dilihat detikcom, nampak seorang pria tengah nongkrong tepat di pintu angkot sambil berbicara tak jelas kepada penumpang. Si pengamen sempat bernyanyi dan kemudian meminta uang kepada penumpang.

Sementara di depan kakinya atau di lantai angkot, tergeletak sebuah pisau tajam. Pisau itu disebut penulis dikeluarkan pengamen dari belakang pinggangnya.

"(Kejadian) angkot 03 Jurusan Bubulak. Pelaku naik dari (Jalan) Otista," tulisnya lagi.

Tulisan akun mait**a juga mendapat beragam balasan. Beberapa akun mengaku semakin takut untuk naik angkot. Beberapa akun lainnya juga menyebut, itu hal biasa terjadi di angkot Bogor.

"Ngeri banget, apalgi aku penggunaa angkot suka pulang malem dari stasiun-sukasari," sebut akun ******win.

"Mngkanya kdng terpaksa naik ojek online tuh gini loh soalnya prnh di bentak jg sama anak punk gara2 ga ngsh, mana wktu itu di angkot sendiri. Jd agak takut naik angkot," timpal akun dengan nama rara.

Tidak lama setelah video dan informasi adanya pengamen berpisau itu beredar di media sosial, tim buser Polresta Bogor Kota langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan seorang pengamen bernama Hendrik.

"Kami ucapkan terimakasih kepada warga net yang menginformasikan terkait keberadaan orang yang meresahkan pengguna angkot. Berdasarkan hasil video dari warga net kami lakukan peyelidikan dan tidak kama kami berhasil tangkap saudara Hendrik 19 tahun," kata Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro, Rabu (8/12/2021) malam.

"Dari keterangannya bahwa yang bersangkutan memang mengakui membawa senjata tajam tersebut. Adapun tujuan (membawa pisau) untuk membuat pengemudi dan penumpang takut kemudian meenyerahkan uang," ujar Susatyo.

(mso/mso)