Seorang Santri Tenggelam Saat Berenang di Pantai Apra Cianjur

Ismet Selamet - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 19:10 WIB
Warga mencari santri yang tenggelam terseret ombak saat berenang di Pantai Apra
Foto: Warga mencari santri yang tenggelam terseret ombak saat berenang di Pantai Apra (Istimewa).
Cianjur -

Irsal (15), seorang santri tenggelam di Pantai Apra Kecamatan Sindangbarang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (8/12) petang. Korban diduga berenang terlalu ke tengah laut.

Informasi yang dihimpun korban yang merupakan santri Pesantren Hafiz di Kecamatan Cibeber ini berwisata ke Pantai Apra bersama belasan teman santrinya. Namun saat waktu makan siang, korban bersama enam orang santri lainnya malah berenang.

"Sesaat setelah berenang, rekan korban mendengar suara korban meminta pertolongan. Ternyata korban sudah berada jauh ke tengah, jarak sekitar 20 meter dari sisi pantai, rekan korban mencoba melakukan pertolongan namun korban terseret arus pantai dan tenggelam," ujar Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansah, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya SAR Bandung sudah menerjunkan satu tim untuk mencari keberadaan korban. "Satu tim sudah di lokasi, kami juga turunkan perahu karet untuk melakukan pencarian," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur Rudi mengatakan pihaknya juga menurunkan relawan untuk menjadi korban di sepanjang bibir pantai.

"Relawan dan petugas BPBD melakukan pencarian. Jika memang malam ini tidak ditemukan, maka akan dilanjutkan besok," ucap dia.

Rudi mengatakan korban diduga berenang terlalu tengah dan terseret ombak. Selain ombak tinggi, pantai Apra juga memiliki beberapa palung kecil yang membuat risiko tenggelam atau terseret ombak lebih tinggi.

"Makanya kita imbau agar tidak berenang terlalu tengah. Namun banyak yang tidak mengindahkan," pungkasnya.

(mso/mso)