PPKM Level 3 Nataru Batal, Bupati Cianjur: Warga Jangan Euforia

Ismet Selamet - detikNews
Selasa, 07 Des 2021 19:43 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Pemerintah memutuskan untuk tidak menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di seluruh Indonesia pada periode Natal dan Tahun Baru (Nataru). Bupati Cianjur Herman Suherman meminta warga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Pemerintah sudah membuat kebijakan pelonggaran saat Nataru. Tapi saya harap masyarakat tidak terlena dan terlalu euforia, harus tetap waspada," kata Herman, Selasa (7/12/2021).

Menurutnya, berdasarkan pengalaman di momen sebelumnya atau saat diterapkan pelonggaran, masyarakat malah terlena dan bebas beraktivitas tanpa mengikuti prokes. Akibatnya, angka kasus COVID-19 kembali meningkat, bahkan memasuki fase puncak yang membuat kamar isolasi penuh.

"Kita belajar dari kejadian sebelumnya. Terjadi gelombang kedua akibat masyarakat terlalu euforia. Saya tentu berharap tidak terulang lagi," ucap Herman menegaskan.

Pemkab Cianjur meminta masyarakat tetap menjaga prokes meski PPKM Level 3 Nataru dibatalkan pemerintah pusat. "COVID-19 masih ada, dan muncul varian baru. Diharapkan tidak ditemukan kasusnya di Cianjur saat dan pascamomen Nataru," ujar Herman.

(bbn/bbn)