Lantik 265 PNS, Bupati Ciamis Akui Masih Kekurangan Guru dan Nakes

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 06 Des 2021 13:05 WIB
Pemkab Ciamis masih kekurangan tenaga pendidik dan kesehatan
Pemkab Ciamis masih kekurangan tenaga pendidik dan kesehatan (Foto: Dadang Hermansyah)
Ciamis -

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melantik 265 PNS hasil rekrutmen tahun 2019 lalu di Halaman Pendopo, Senin (6/12/2021). Meski ada penambahan, namun PNS di Ciamis masih kurang, terutama untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

"Tadi kita sama-sama melaksanakan pelantikan PNS sebanyak 265 orang. Semoga setelah dilantik ini dapat lebih memotivasi kerja," ujar Herdiat usai pelantikan.

Menurutnya, Ciamis saat ini masih kekurangan PNS akibat banyaknya yang pensiun, meninggal dunia dan pindah. Selain karena adanya moratorium sejak tahun 2010 juga adanya daerah otonomi baru. Tahun 2012 lahir Kabupaten Pangandaran. Kabupaten Ciamis sebagai daerah induk membagi dua PNS yang bertugas.

"Kami baru melakukan pengangkatan di tahun 2019 itu pun jumlahnya sedikit. Dibanding yang pensiun, meninggal dan pindah jumlahnya penerimaan masih jauh. Sehingga kekurangannya masih banyak sekali, untuk jumlahnya yang jelas yang pensiun saja mencapai ribuan," kata Herdiat.

Herdiat menjelaskan kekurangan PNS Ciamis ada di tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Saat ini untuk tenaga pendidikan dapat diatasi dengan adanya penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk tahun 2021, Kabupaten Ciamis mendapat kuota sekitar 2.900 PPPK.

Dalam kesempatan ini, Herdiat meminta kepada para PNS yang baru dilantik untuk memiliki inovasi, dedikasi dan loyalitas serta bertanggung jawab.

"Tingkatkan kinerja dan tetap berkreasi. Dan yang paling penting adalah memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat," pungkasnya.

(mud/mud)