Argo Parahyangan, Kereta Api yang Jadi Akhir Pelarian Siskaeee

Yudha Maulana - detikNews
Senin, 06 Des 2021 12:05 WIB
KA Argo Parahyangan
Kereta Api Argo Parahyangan (Foto: Istimewa)
Bandung -

Nama Kereta Api Argo Parahyangan kembali mengemuka seiring dengan ditangkapnya wanita berinisial FCN atau yang populer disebut Siskaeee di dunia maya pada Sabtu 4 Desember 2021. Pembahasan soal sejarah singkat kereta tersebut juga tak kalah menariknya.

Argo Parahyangan merupakan peleburan dari dua layanan kereta api Argo Gede dan Parahyangan pada 26 April 2020 lalu. Kereta ini merupakan satu-satunya yang melayani perjalanan dari Jakarta - Bandung dengan waktu tempuh 2 jam 47 menit.

Ada dua istilah yang disatukan dalam pemberian nama Argo Parahyangan ini, yakni kata 'Argo' dan 'Parahyangan'. Penulis Haryoto Kunto dalam buku Seabad Grand Hotel Preanger (Granesia:2000) menyebut, bahwa Parahyangan berasal dari kata 'rahyang' atau roh nenek moyang atau dewasa, rahyang yang mendapatkan awalan pa- dan akhiran -an yang berarti 'tempat bersemayam para roh nenek moyang atau dewa'.

Bila dilihat saat ini, Parahyangan atau Preanger dalam bahasa Belanda merujuk pada suatu daerah pegunungan yang menjadi tempat tumbuh dan berkembangnnya kebudayaan di Jawa Barat. Sedangkan kata Argo berasal dari nama Argo Gede yang beroperasi 31 Juli 1995.

Baik layanan Kereta Parahyangan atau Kereta Argo Gede, keduanya sempat terimbas pembangunan Tol Cipularang, yang membuat waktu tempuh Jakarta - Bandung atau sebaliknya menjadi lebih cepat. Setelah melakukan berbagai upaya termasuk memberikan diskon, PT KAI akhirnya menonaktifkan Kereta Parahyangan pada 27 April 2010.

KAI pun akhirnya melakukan peleburan. KA Argo Parahyangan beroperasi untuk melayani kelas bisnis pada awal mulanya, tetapi karena permintaan akan layanan eksekutif lebih tinggi daripada kelas bisnis, maka layanan bisnis dihilangkan. Walaupun pada akhirnya KAI membuat kebijakan dengan mengaktifkan layanan eksekutif dan layanan kelas campuran (eksekutif-bisnis).

Simak Video 'Sederet Fakta Kasus Pornoaksi Siskaeee di YIA':

[Gambas:Video 20detik]