Habitatnya Diduga Rusak, Kawanan Monyet Berkeliaran di Jalan Tanjung Lesung

Rifat Alhamidi - detikNews
Minggu, 05 Des 2021 16:44 WIB
Kawanan monyet turun ke jalan hingga jadi tontonan warga.
Foto: Kawanan monyet turun ke jalan hingga jadi tontonan warga di Pandeglang (Rifat Alhamidi/detikcom).
Pandeglang -

Ada pemandangan unik bagi pengendara lalu lintas yang melewati Jalan Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. Sekawanan monyet terlihat berkeliaran hingga ke pinggir jalan bahkan menjadi tontonan warga yang melintas.

Pemandangan itu bisa dilihat tepatnya di Kampung Ciheru, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, Pandeglang. Lokasinya, tak jauh dari kawasan pariwisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang.

Tak tahu pasti kapan tepatnya kawanan monyet ini mulai menampakkan diri bahkan berkeliaran hingga ke pinggir jalan. Namun warga meyakini mereka keluar usai habitatnya berupa hutan mangrove telah dibabat pada tahun lalu.

"Di sini kan ada hutan mangrove, dulunya luas. Nah semenjak ditebang mangrovenya, monyet-monyet ini keluar sampe ke jalan," kata Ari warga setempat saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Pandeglang, Banten, Minggu (5/12/2021) sore.

Tadinya, warga belum tahu kenapa hutan mangrove di sana dibabat. Namun setelah beberapa bulan berlalu, nampak ada pembangunan yang ternyata untuk proyek tambak udang di pinggir pantai.

"Iyah mangrovenya ditebang buat bikin tambak udang, itu di sebelah kan keliatan luas tambaknya. Karena dari sejak kecil, saya belum pernah lihat monyet di sini keluar. Semenjak mangrovenya ditebang, pada keluar sampe ke jalan," ungkapnya.

Pantauan detikcom, di sebelah lahan sisa hutan mangrove itu memang sudah berdiri sebuah proyek tambak udang yang dibangun sejak tahun lalu. Berdasarkan penelusuran dari sejumlah pemberitaan, tambak ini pun sempat disegel oleh pemerintah daerah pada Juni 2021 lantaran belum mengantongi izin operasional.

Baru pada 22 November 2021, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pandeglang mengeluarkan izin dan menyatakan tambak udang ini legal beroperasi tapi dengan sejumlah catatan. Meskipun keberadaan monyet-monyet itu bisa menjadi tontonan bagi warga sekitar, namun mereka tetap berharap habitat hewan liar ini bisa dikembalikan ke lokasinya lagi seperti sedia kala.

"Kalau buat hiburan sih iyah memang, kan lumayan biasanya kalau sore banyak yang ngajak anaknya ke sini sambil ngasuh. Tapi kan tetep yah, habitat buat monyet-monyet di sini jangan sampai hilang, kasihan. Harus ada tempat lagi buat mereka tinggal," kata Ari.

Simak juga 'Turis Bali Hilang Bikin Kawanan Monyet Kelaparan-Serbu Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)