Warga Belum Vaksinasi Terjaring Razia di Kebun Raya-Istana Bogor

M. Sholihin - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 12:38 WIB
Razia Warga Belum Vaksinasi di Bogor
Petugas merazia warga yang belum vaksinasi di Kota Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Satgas COVID-19 Kota Bogor kembali menggelar razia vaksinasi di sepanjang pedestrian yang melingkari Kebun Raya dan Istana Bogor. Razia digelar untuk memastikan warga yang beraktivitas di lokasi wisata Kota Bogor sudah divaksinasi.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan razia vaksin juga digelar sebagai salah satu langkah untuk menciptakan kondisi masyarakat yang siap menghadapi natal dan tahun baru. Dibanding pekan lalu, kata Susatyo, jumlah warga dan wisatawan yang terjaring karena belum divaksinasi kali ini lebih sedikit.

Mereka yang terjaring dalam razia, kemudian disarankan untuk mengikuti vaksinasi di sentra-sentra vaksinasi yang sudah disiapkan Satgas COVID-19 Kota Bogor. "Dibandingkan dengan pelaksanaan minggu lalu, sejak kami menerapkan kawasan wisata wajib vaksin, memang hari ini lebih sedikit yang terjaring karena belum vaksinasi," kata Susatyo di Jalan Raya Surya Kencana, Kota Bogor, Sabtu (4/12/2021).

"Ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah sadar untuk masuk ke wilayah kota Bogor ini mereka harus sudah divaksinasi dan harus bisa menunjukkan bukti sudah vaksin," ujar dia menambahkan.

Puluhan petugas gabungan TNI, Polri dan Satpol PP Kota Bogor berjaga di beberapa titik di sepanjang pedestrian sekitar Kebun Raya dan Istana Bogor. Mereka memberhentikan setiap warga yang tengah berolahraga, baik pejalan kaki maupun yang bersepeda. Mereka yang menunjukkan bukti telah divaksinasi, diberi stempel sebagai bukti lolos pemeriksaan dan dipersilakan melanjutkan aktivitasnya.

Sementara mereka yang terjaring karena belum tervaksinasi, diarahkan ke sentra-sentra vaksinasi terdekat untuk mengikuti vaksinasi. Mereka yang bersedia, kemudian diantar menggunakan mobil khusus menuju titik vaksinasi terdekat.

"Saya kira razia vaksinasi baik ya, ada bagusnya juga. Jadi kita juga tidak khawatir olahraga disini, buka masker kalau bersepeda. Bisa dipastiin semuanya sudah divaksinasi," kata Suhaemi, warga yang tengah bersepeda di Tugu Kujang Kota Bogor.

(bbn/bbn)