Wapres Ma'ruf Resmikan Monumen Pahlawan COVID-19 di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Sabtu, 04 Des 2021 10:18 WIB
Wapres Maruf Amin Resmikan Monumen Pahlawan COVID-19
Wapres Ma'ruf Amin dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 di Kota Bandung. (Foto: Yudha Maulana/detikcom)
Bandung -

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin meresmikan Monumen Pahlawan COVID-19 Jawa Barat di Jalan Surapati, Kota Bandung, Sabtu (4/12/2021). Ma'ruf mengatakan monumen ini adalah pengingat bahwa bangsa Indonesia pernah menghadapi ujian yang berat.

"Hari ini saya hadir di Bandung untuk mewakili bapak presiden untuk meresmikan Monumen Pahlawan Covid. Hampir dua tahun kita berjuang melawan pandemi COVID-19, hampir dalam dua tahun banyak saudara kita yang gugur, saya berduka cita atas gugurnya para syuhada yang gugur dan hari ini kita berkumpul untuk mengenang dan menghormati mereka," tuturnya.

"Pemerintah menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya dan setinggi-tingginya atas perjuangan dan pengorbanan para pejuang COVID-19," ucap Ma'ruf melanjutkan.

Dia mengingatkan, pandemi COVID-19 masih belum berakhir, varian virus Corona masih terus bermunculan. "Sistem kesehatan harus diperkuat, cakupan dan sebaran vaksinasi harus kita akselerasi, teruslah kreatif, adaptif, inovatif dan solutif," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf pun mendatangi perwakilan keluarga dari para pahlawan COVID-19 yang gugur. Rasa harus menyelimuti ketika Ma'ruf yang didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan rasa duka dan apresiasi atas perjuangan para pahlawan.

"Sabar dan relakan karena beliau (para nakes yang gugur) adalah pahlawan," kata Ma'ruf.

Konsep Monumen Pahlawan COVID-19

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menjelaskan konsep Monumen Pahlawan COVID-19 dibuat seperti gerbang. Ia menyebut, gerbang tersebut mewakili dua sisi yakni keluar dari kegetiran dan optimisme melewati wabah.

"Bila bapak lihat bentuk monumennya gerbang bukan tugu tunggal. Jadi masuk ke sini suasananya haru, memori-memori sedih, tapi setelah melewati itu suasana menunjukkan perjuangan. Dalam sehari belasan, seminggu puluhan, sebulan ratusan, setahun ribuan. Kami kehilangan puluhan ribu warga kami," tutur Ridwan Kamil.

Founder Yayasan Indonesia Pasti Bisa, Deddy Corbuzier, memberikan 150 beasiswa kepada anak-anak para pahlawan COVID-19 yang gugur pada kesempatan itu. Sebelum peresmian, hadirin diperagakan tarian dan pembacaan puisi yang menggambarkan kondisi para tenaga kesehatan yang berjuang dengan gigih melawan pandemi COVID-19.

(yum/bbn)