Asal-usul Polemik Warga Blokir Jalan di Pandeglang Diduga Gegara Pilkades

Rifat Alhamidi - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 16:21 WIB
Pondasi rumah halangi jalan desa di Pandeglang.
Fondasi rumah halangi jalan desa di Pandeglang. (Foto: Rifat Alhamidi/detikcom).
Pandeglang -

Pilkades di Pandeglang yang sudah usai berbuntut panjang dan diduga memicu polemik antarwarga yang berujung pemblokiran jalan di Desa Cigeulis. Akses tersebut diblokir oleh seseorang dengan membuat fondasi untuk pembangunan rumah baru.

Eman, warga setempat, terkena imbas dari pemblokiran jalan itu. Dia tinggal tepat di depan pembangunan rumah itu. Eman berharap fondasi tersebut segera dibongkar agar warga bisa menggunakan akses sedia kala.

"Pengennya dibongkar, supaya jalannya bisa dipakai lagi," kata Eman saat ditemui detikcom, Jumat (3/12/2021).

Jauh sebelum fondasi itu berdiri, menurut Eman, tetangganya itu memblokir akses menuju jalur tersebut dengan memasang fondasi coran hingga menutup jalan. Namun, polisi segera bertindak dan membongkarnya.

"Itu kejadiannya seminggu pas udah Pilkades, dia menutup jalan dari depan pakai coran. Tapi cuma semalam doang, besok paginya udah dibongkar lagi sama polsek (polisi)," ucapnya.

Meski sudah dibongkar, Eman mengira orang itu akan jera. "Tahunya tiba-tiba dipasang lagi, bahkan sampe membangun fondasi rumah. Sama kita udah sempat ditegur, tapi kita enggak bisa apa-apa, soalnya dia klaim kalau tanah itu punya dia. Kalau warga sih mintanya enggak macem-macem, itu fondasinya dibongkar, terus jalannya dibalikin lagi ke posisi semula," tutur Eman.

Orang yang mengklaim tanah itu disebut-sebut tinggal di desa lain. Saat detikcom ke lokasi jalan diblokir, warga setempat tidak mengetahui keberadaan orang tersebut.