UMK 2022 Hanya Naik Rp 18 Ribu, Bupati Majalengka: Ikut Prihatin

Bima Bagaskara - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 13:47 WIB
Uang Rupiah Baru
Ilustrasi uang (Ilustrator: Muhammad Ridho/detikcom)
Majalengka -

UMK Majalengka naik sebesar Rp 18.619,04. Namun kenaikan UMK itu tidak sesuai dengan apa yang diusulkan Pemkab Majalengka dan serikat buruh. Sekadar diketahui, UMK Majalengka tahun 2022 naik menjadi Rp 2.027.619,04 dari yang sebelumnya Rp 2.009.000.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengungkapkan dirinya sangat memahami keluhan buruh yang menginginkan adanya kenaikan UMK yang jauh lebih layak. Ia pun menyayangkan kenaikan UMK Majalengka yang hanya Rp 18 ribu tersebut.

"Saya sangat paham ketika buruh menuntut kenaikan upah. Saya bisa memahami buruh masa iya cuma Rp 18 ribu naiknya. Maka kemarin saya tandatangan usulan Rp 360 ribu itu, langsung ke gubernur," kata Karna, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi di Majalengka seharusnya membuat UMK bisa naik jauh lebih besar dari yang ditetapkan saat ini. Namun kembali lagi, dia menegaskan tidak bisa berbuat banyak karena keputusan penetapan UMK ada di tangan Pemprov Jabar.

"Karena sangat layak dengan ekonomi Majalengka yang sudah bagus, masa segitu-gitu saja upah diberikan kepada buruh. Untungnya buruh masih bersabar dan mereka paham karena kewenangan itu bukan ada pada kita," tutur Karna.

"PP 36 yang jadi pintu gerbang penentuan buruh itu kan bukan kewenangan bupati. Dengan kenaikan Rp 18 ribu itu karena keputusan di sana (Pemprov Jabar), kita hanya ikut prihatin saja, kita sudah mengusulkan ke sana, ini bukti komitmen pemda setelah menerima aspirasi mereka (buruh)," ujar dia menambahkan.

Karna memastikan tetap akan mendukung terus perjuangan para buruh dengan menginstruksikan kepada perusahaan untuk memperhatikan kesejahteraan buruh. "Kita hanya memberikan support. Ketika perusahaan minta izin, kami pesan titip rakyat Majalengka, minimal 60-70 persen yang kerja itu orang Majalengka. Kedua titip kesejahteraannya, itu selalu saya titipkan," kata Karna menegaskan.

(bbn/bbn)