Libur Nataru, Kawasan Merak-Anyer Diterapkan Ganjil Genap

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 16:56 WIB
Ilustrasi Fokus Ganjil Genap (Luthfy Syahban/detikcom)
(Foto: Ilustrasi Fokus Ganjil Genap (Luthfy Syahban/detikcom)
Serang -

Libur Nataru di Provinsi Banten akan diberlakukan posko pengaturan lalu lintas untuk pengendara menuju ke wisata Anyer dan Pelabuhan Merak. Selain itu, ada rekayasa ganjil genap khususnya menuju kawasan wisata.

"Kita melakukan posko pengaturan. Akan mulai dari tanggal 24 Desember di Anyer dan Merak. (WIsata lokal) untuk jelasnya di Dispar, kami mengatur lalu lintasnya. Berdasarkan kebijakan Inmendagri wisata lokal ada kegiatan ganjil dan genap," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Tri Nurtopo saat berbincang dengan detikcom, Serang, Kamis (2/12/2021).

Pos pengaturan di Anyer dan Merak itu dilakukan bersama tim gabungan polisi. Selain itu, sebetulnya dipersiapkan posko pengaturan di perbatasan antara Provinsi Banten dan ibu kota.

"Nunggu kebijakan pusat, belum bisa memastikan. Yang sudah pasti Anyer dan Merak. Pos perbatasan provinsi perlu atau tidak nanti menunggu kebijakan pusat," katanya.

Pos pengaturan ini katanya bukan untuk penyekatan. Kemudian di Pelabuhan Merak akan diterapkan pengetatan protokol kesehatan. Volume di daerah wisata juga hanya 50 persen.

"Itu yang kita gunakan, volume 50 persen itu Dinas Pariwisata, kami mengatur arusnya. Untuk truk sementara tidak larangan (melintas), kalau di lapangan ada diskresi kepolisian, kalau mungkin ditutup, ditutup. Kalau nggak, ya nggak," pungkasnya.

(bri/mud)