Bahagianya Eko Ikat Janji Suci Lewat Nikah Massal Difabel di Bandung

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 14:33 WIB
Melihat pasangan difabel nikah massal di Bandung
Melihat pasangan difabel nikah massal di Bandung (Foto: Yudha Maulana)
Bandung -

Kebahagiaan terpancar dari wajah Eko Julianto setelah sah mempersunting Nurhayati di hadapan penghulu dan saksi di Masjid Pusdai, Jl Diponegoro, Kota Bandung pada Kamis (2/12/2021). Ungkapan puji syukur pun langsung diucapkan Eko usai mengikat janji suci.

Eko merupakan salah satu dari 13 pasangan difabel yang mengikuti acara nikah massal di Pusdai. Acara itu digelar seiring dengan ulang tahun ke-24 berdirinya Masjid Pusdai dan hari disabilitas internasional yang jatuh pada 3 Desember besok.

Eko dan pasangannya yang merupakan difabel netra mengaku sempat mengalami kesulitan saat mengurus administrasi pernikahan. Walau begitu, semua kendala yang ada telah berhasil mereka lewati. "Kalau saya pribadi menyiapkan berbagai persyaratan, bikin NA (surat pengantar nikah), KTP dan yang lainnya," kata Eko.

"Meskipun masa-masa itu sulit, kita bisa lewati dengan tenang dan bisa kita lewati," ujarnya menambahkan.

Ia berharap pernikahan ini bisa membawa kebaikan dan awet dalam membina biduk rumah tangga. "Harapan ya mudah-mudahan doa dari semuanya, saya bisa berumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah, selamat dan dunia akhirat," katanya.

Ketua Pelaksana nikah massal Ijang Faisal mengatakan, untuk menyelenggarakan acara tersebut ia dibantu oleh berbagai asosiasi difabel dan relawan. Menurutnya, banyak difabel yang membutuhkan asistensi terkait pernikahan.

"Mudah-mudahan ke depan bisa lebih banyak, dan lebih baik lagi," ucap Ijang.

(yum/mud)