Pelajar di Bandung Gasak Duit Jutaan dari Kotak Amal Masjid

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 13:41 WIB
Dua pelajar di Bandung dibekuk polisi gegara bobol kotak amal
Dua pelajar di Bandung dibekuk polisi gegara bobol kotak amal (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Dua pelajar di Kota Bandung ditangkap polisi. Kedua pelajar SMA-SMK tersebut dibekuk polisi usai mencuri kotak amal di dua masjid.

Aksi itu dilakukan pelajar SMA berinisial SA (16) dan MBA (16) pada Selasa (30/11) lalu. Keduanya mencuri kotak amal di Masjid Miftahul Jannah dan Masjid Al Kahfi yang berada di kawasan Adipura, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung.

"Mereka melakukan di dua tempat yaitu Masjid Al Kahfi dan Miftahul Jannah," ucap Kapolsek Gedebage Kompol Heri Suryadi di Mapolsek Gedebage, Kota Bandung, Kamis (2/12/2021).

Kasus ini bermula dari laporan pihak DKM Masjid Mifathul Jannah. Aksi mereka juga turut terekam kamera CCTV Masjid.

Polisi kemudian mengecek kedua TKP tersebut. Unit Reskrim Polsek Gedebage mendapati nomor kendaraan dari CCTV.

"Kita telusuri ternyata itu kendaraan rental yang disewa oleh mereka," tutur dia.

Polisi lantas berkoordinasi dengan pemilik rental dan melakukan penelusuran GPS kendaraan tersebut. Berdasarkan hasil penelusuran diketahui kendaraan sedang digunakan berkeliling di Kota Bandung.

"Saat menuju ke sasaran akhir di tahap satu Adipura, yang bersangkutan kita amankan satu orang berinisial SA. Kemudian dia menyebut satu lagi rekannya berinisial B (MBA)," kata dia.

Kedua pelaku diketahui masih di bawah umur. Pihaknya pun berkoordinasi dengan Badan Pemasyarakatan untuk penanganan perkara.

Sementara itu, berdasarkan hasil interogasi, diketahui keduanya menggasak duit lebih dari Rp 1 juta dari dua Masjid tersebut.

"Di Masjid Al Kahfi mengambil Rp 1,2 juta kemudian di Masjid Miftahul Jannah Rp 600 ribu. Totalnya Rp 1,8 juta. Ini sisa yang kita sita ada Rp 200 ribu," tutur dia.

"Ini mereka gunakan untuk gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari," kata Heri menambahkan.

(dir/mud)