Massa dari Karawang yang Hadiri Reuni 212 Dipulangkan Siang Ini

Yuda Febrian Silitonga - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 11:55 WIB
Massa Reuni 212 tutup Jl Wahid Hasyim, Kamis (2/12/2021).
Foto: Massa Reuni 212 tutup Jl Wahid Hasyim (Hanafi/detikcom)
Karawang -

Massa dari Karawang hadiri Reuni 212 di Jakarta, Kamis (2/12/2021). Mereka rencananya akan dipulangkan siang ini.

Berdasarkan informasi ada sejumlah orang dari Karawang mengikuti reuni tersebut. Namun khusus massa dari Front Persaudaraan Islam (FPI) hanya ada 100 orang yang hadir di Jakarta.

"Jadi sebenarnya tidak ada instruksi dari DPP untuk ikut reuni 212, tapi memang saat ini ada 100 anggota yang memang sudah ada di Jakarta, di Masjid Cut Mutia itu inisiatif sendiri tapi rencana habis dzuhur akan pulang," kata Ketua FPI Tomi Miftah Faried saat dihubungi melalui telepon selular, Kamis (2/12/2021).

Sementara itu, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono membenarkan pernyataan dari FPI Karawang. "Jadi jauh hari kami sudah berkomunikasi baik dengan Ketua FPI, Ustad Tomi menyatakan sehabis dzuhur akan memulangkan anggotanya, tadi bilangnya hanya ada 50 anggota yang ke Jakarta beserta Ustad Tomi di Masjid Cut Mutia Jakarta," kata Aldi saat dikonfirmasi.

Aldi menyebutkan tidak ada ribuan massa dari Karawang yang hadiri Reuni 212. "Jadi tidak ada sebenarnya ribuan massa, Ustad Tomi sudah instruksikan agar anggotanya tidak ke Patung Kuda," jelasnya.

Terkait pengamanan, pihaknya mengakui tidak ada pengamanan khusus karena tidak ada yang berangkat. "Kan tidak ada yang berangkat, jadi tidak perlu ada pengamanan khusus," tandasnya.

(mso/mso)